Wow.. 13 Kawasan Industri Buka 65 Ribu Lapangan Kerja

Wow.. 13 Kawasan Industri Buka 65 Ribu Lapangan Kerja
Ilustrasi. FOTO: dok/jpnn

JAKARTA - Pemerintah berencana membangun 13 kawasan industri di seluruh Indonesia. Terutama di luar Jawa dalam rangka pemerataan ekonomi. Diharapkan, pembangunan 13 kawasan industri itu bisa membantu mengurangi pengang­guran di daerah-daerah.

Inspektur Jenderal Kementerian Perindustrian Syarif Hidayat menyatakan, pembangunan 13 kawasan industri tersebut akan sangat bermanfaat untuk mengembangkan perekonomian di daerah-daerah. ''Setidaknya, banyak masyarakat yang akan bekerja di sana. Satu kawasan industri saja bisa menampung 5.000 pekerja,'' ujarnya kemarin (28/1).

Dengan begitu, dia berharap pembangunan 13 kawasan industri itu secara total akan memberikan pekerjaan bagi 65.000 orang. Bahkan, jika perusahaan yang beroperasi termasuk industri padat karya, kebutuhan terhadap tenaga kerja akan lebih besar lagi. ''Bergantung industrinya, kalau tekstil atau elektronik bisa lebih banyak,'' tuturnya.

Setiap satu kawasan industri, kata dia, akan dibangun secara terintegrasi dengan segala fasilitas yang diperlukan industri. Itu akan mempermudah pengolahan bahan baku alam menjadi bahan baku jadi. ''Tentunya, industri akan tumbuh kalau didukung dengan infrastruktur seperti jalan dan listrik,'' ucapnya.

JAKARTA - Pemerintah berencana membangun 13 kawasan industri di seluruh Indonesia. Terutama di luar Jawa dalam rangka pemerataan ekonomi. Diharapkan,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News