Komjen Budi Gunawan Dilaporkan ke Propam

Komjen Budi Gunawan Dilaporkan ke Propam
Komjen Budi Gunawan. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Selain mempersoalkan penangkapan Bambang Widjojanto oleh Kabareskrim Irjen Budi Waseso, Forum Advokat Pengawal Konstitusi (Faksi) juga melaporkan Komjen Budi Gunawan ke Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Mabes Polri.

"Kita juga ada pengaduan tentang dugaan pelanggaran hukum Komjen Budi Gunawan," kata Koordinator Faksi, Hermawi Taslim di Mabes Polri, Kamis (29/1).

Koordinator Faksi, Petrus Salestinus menjelaskan mereka melapor ke Propam untuk mempertanyakan mengapa Komjen Budi Gunawan sebagai seorang anggota Polri aktif sampai bisa begitu leluasa diduga masuk ke dalam ruang lingkup partai politik.

"Terlebih pada masa kampanye pilpres kemarin. Komjen Budi Gunawan adalah bagian dari tim sukses saat pilpres," kata Petrus di Mabes Polri.

Bahkan, ia melanjutkan, Komjen BG juga disebut menyumbang pemikiran tentang pertahanan dan keamanan negara kepada capres. Padahal, kata dia, berdasarkan Undang-undang kepolisian, kalau ada konsep mengenai pertahanan dan keamanan negara disampaikan lewat MPR. "Itu institusi kepolisian hanya bisa melalui MPR tidak boleh orang perorang dan masuk wilayah politik praktis," katanya.

Nah, dia mempertanyakan apakah Komjen Budi saat itu memberikan sumbangan pemikiran tentang pertahanan dan keamanan negara sesuai izin Kapolri atau tidak.

Kemudian, pihaknya juga mempertanyakan kenapa PDI Perjuangan membiarkan ada perwira tinggi Polri aktif ikut ke dalam kegiatan politik praktis partainya. 

"Kalau Mabes belum bisa jelaskan, maka harus tanya ke Komjen Budi, DPP PDIP, Trimedya, Pramono, Hasto, karena mereka berkali-kali menyampaikan Komjen Budi Gunawan menyumbangkan pemikiran soal pertahanan dan keamanan untuk capres," katanya.

JAKARTA - Selain mempersoalkan penangkapan Bambang Widjojanto oleh Kabareskrim Irjen Budi Waseso, Forum Advokat Pengawal Konstitusi (Faksi) juga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News