LLP-KUKM Gandeng Carrefour Latih Pelaku KUMKM

LLP-KUKM Gandeng Carrefour Latih Pelaku KUMKM
Penyerahan sertifikat pelatihan KUMKM di SME Tower, Pancoran Jakarta Selatan, Kamis (29/1). Foto: istimewa

jpnn.com - JAKARTA - Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi Usaha Kecil Menengah (LLP-KUKM) menggandeng Transmart Carrefour untuk melatih pelaku Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (KUMKM) secara intensif selama 6 bulan dalam Program Capacity Building.

Direktur Utama LLP-KUKM Ahmad Zabadi menjelaskan, pelatihan yang dimulai Agustus 2014 silam dan berakhir kemarin, Kamis (29/1) tersebut bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pelaku KUMKM agar bisa masuk ke pasar ritel modern dan bersaing di pasar bebas ASEAN.

"Selama 6 bulan program, peserta mendapat pelatihan baik berupa hard skill maupun soft skill. Mereka diajarkan 11 materi yang disesuaikan dengan kebutuhan para pelaku KUMKM,” kata Ahmad Zabadi.

Materi-materi itu diantaranya training motivasi untuk meraih sukses, konsep pengembangan usaha, manajemen dan akses jasa keuangan hingga pengembangan kualitas produk (kualitas, kuantiti, hygien, dan kemasan).

"Pelaku KUMKM juga mendapatkan pelatihan tentang keahlian menjual, melayani, dan negosiasi, pengurusan izin dari BPOM, akses pasar retail modern dan bisnis online, tata cara pengurusan sertifikat izin halal, pengembangan jalur distribusi dan pemasaran serta cara sukses meningkatkan penjualan dan keuntungan usaha,” tambah Zabadi.

Sementara itu, Corporate Affairs Director PT Trans Retail Indonesia, RM Adji Srihandoyo memberikan apresiasi pada LLP-KUKM selaku penggagas kerjasama

“Sampai pelatihan terakhir, 78 KUMKM berpotensi masuk pasar ritel modern dan 20 pelaku KUMKM siap masuk pasar ritel modern. Semoga program ini dapat bermanfaat bagi mereka dalam mengembangkanpotensi ke pasar yang lebih besar dan bersaing pada era masyarakat ekonomi Asean,” kata Adji. (adk/jpnn)


JAKARTA - Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi Usaha Kecil Menengah (LLP-KUKM) menggandeng Transmart Carrefour untuk melatih pelaku Koperasi, Usaha


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News