Ini Penjelasan JK Soal Smelter Freeport yang Diprotes

Ini Penjelasan JK Soal Smelter Freeport yang Diprotes
Ini Penjelasan JK Soal Smelter Freeport yang Diprotes

jpnn.com - JAKARTA - Banyak kalangan menolak adanya perizinan pembangunan smelter Freeport yang diberikan pemerintah pada perusahaan tambang milik Amerika itu di Gresik. Tak hanya itu, warga Papua pun protes karena smelter itu bukan dibangun di Papua.

Menanggapi itu, Wakil Presiden Jusuf Kalla mengungkapkan pemerintahnya sebenar meminta smelter itu dibangun di Papua. Namun, itu menjadi hak PT. Freeport untuk memutuskannya.

"Sejak awal kita minta itu di Papua, masalahnya yang membangun itu bukan pemerintah tetapi Freeport. Jadi Freeort sekarang diminta membangun smelter ya harus begitu," ujar JK di kantornya, Jakarta, Jumat, (30/1).

JK menyebutkan, salah satu kendala di Papua untuk pembangunan smelter adalah listrik. Namun, ia tidak merinci apakah insfrastruktur listrik akan segera dibangun, jika smelter Freeport diharusnya dibangun di Papua.

"Itu hanya MoU tanah, boleh saja semua orang membuat MoU tanah, iya dibangun di sana, kendala pembangunan di sana itu listrik," tandas JK. (flo/jpnn)


JAKARTA - Banyak kalangan menolak adanya perizinan pembangunan smelter Freeport yang diberikan pemerintah pada perusahaan tambang milik Amerika itu


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News