ISC Pertamina Dicap Berikan Contoh Buruk

ISC Pertamina Dicap Berikan Contoh Buruk
ilustrasi

jpnn.com - JAKARTA - Pengamat Energi dari Reforminer, Komaidi Notonegoro mempertanyakan proses tender perdana 'Crude Oil' ISC-Pertamina yang terkesan dilakukan secara tertutup dan tidak transparan. 

Ia menyatakan ISC Pertamina memberikan contoh yang buruk. "Semangatnya harus terbuka. Kepada publik juga harus terbuka," kata Komaidi melalui keterangan pers, Minggu, (1/2).

Jika keadaannya seperti itu, lanjut Komaidi, dia menganggap kinerja ISC-Pertamina tidak lebih baik dari Petral. Menurutnya, Petral bisa lebih terbuka saat melakukan proses tender.

Jika ISC-Pertamina melakukan tender terbuka, kata dia, seharusnya diumumkan di media massa atau paling tidak di website khusus yang menyebutkan ada pengerjaan tender dengan spesifikasi yang lengkap. 

"Kalau keadaannya seperti itu, ISC-Pertamina tidak lebih baik dari Petral," tegasnya.

Seperti diketahui proses tender perdana 'Crude Oil'  ISC-Pertamina di bawah pimpinan Daniel Purba dilakukan pada 27 Januari lalu. Tender pengadaan minyak itu sendiri diketahui untuk memenuhi kebutuhan minyak dalam negeri periode April 2015. Setidaknya ada dua jenis minyak mentah sebanyak empat juta barel yang ditenderkan ISC-Pertamina, yakni minyak dari Azeri - Azerbaijan dan Qua Iboe/bonny light -Nigeria, informasi yang beredar ada peserta tender yang bukan NOC dimenangkan meskipun tidak memiliki penawaran terendah. 

Kesan ditutupi ini berbeda dengan rekomendasi Tim Reformasi Tata Kelola Migas (RTKM) pimpinan Faisal Basri yang menekankan transparansi dalam reformasi migas

Dalam hal ini, Komaidi menilai rekomendasi yang diajukan Faisal Basri cs masih bersifat makro dan tidak memiliki usulan-usulan yang dirinci secara jelas.

JAKARTA - Pengamat Energi dari Reforminer, Komaidi Notonegoro mempertanyakan proses tender perdana 'Crude Oil' ISC-Pertamina yang terkesan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News