Bincang Hukum: Marah Ketika Foto Cap 'Selingkuh Itu Indah' Disebar

Bincang Hukum: Marah Ketika Foto Cap 'Selingkuh Itu Indah' Disebar
Bincang Hukum: Marah Ketika Foto Cap 'Selingkuh Itu Indah' Disebar. Ilustrasi Radar Surabaya/JPNN.com

jpnn.com - KETIKA sedang makan bersama teman lama, saya difoto secara diam-diam, lalu disebarkan di jejaring sosial. Yang membuat saya marah, ada kalimat ‘’Selingkuh Itu Indah’’ Inilah yang membuat pacar saya marah.

Padahal saya bertemu secara kebetulan di mal, bersama teman lainnya, lalu makan siang bersama. Namun yang ditampilkan hanya saya berdua. Penyebar foto kami tersebut apakah melanggar hukum? Terima kasih.

Suminto
Di Surabaya

Jawaban:

Aturan hukum yang terkait dengan pertanyaan Anda, ada di Undang Undang RI No 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta (UU Hak Cipta) dan Undang Undang RI No 11 Th 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE). Pasal 1 angka 1 UU ITE.

“Informasi Elektronik adalah satu atau sekumpulan data elektronik, termasuk tetapi tidak terbatas pada tulisan, suara, gambar, peta, rancangan, foto, electronic data interchange (EDI), surat elektronik (electronic mail), telegram, teleks, telecopyatau sejenisnya, huruf, tanda, angka, kode akses, simbol, atau perforasi yang telah diolah yang memiliki arti atau dapat dipahami oleh orang yang mampu memahaminya”.

Pasal 1 angka 4 “Dokumen Elektronik adalah setiap Informasi Elektronik yang dibuat, diteruskan,  dikirimkan, diterima, atau disimpan dalam bentuk analog, digital, elektromagnetik, optikal, atau sejenisnya, yang dapat dilihat, ditampilkan, dan/atau didengar melalui Komputer atau Sistem Elektronik, termasuk tetapi tidak terbatas pada tulisan, suara, gambar, peta, rancangan, foto atau sejenisnya, huruf, tanda,  angka, Kode Akses, simbol atau perforasi yang memiliki makna atau arti atau dapat dipahami oleh orang yang mampu memahaminya”.

Di Pasal 27 ayat (3) “Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elek-
tronik yang memiliki muatan penghinaandan/atau pencemaran nama baik”.

KETIKA sedang makan bersama teman lama, saya difoto secara diam-diam, lalu disebarkan di jejaring sosial. Yang membuat saya marah, ada kalimat ‘’Selingkuh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News