Biaya Kuliah di PTN Bakal Lebih Mahal

Biaya Kuliah di PTN Bakal Lebih Mahal
Biaya Kuliah di PTN Bakal Lebih Mahal

jpnn.com - MALANG KOTA – Biaya kuliah di tiga PTN (perguruan tinggi negeri) Kota Malang tahun ini bakal lebih mahal. Universitas Islam Negeri (UIN) Maliki sendiri ancang-ancang menaikkan uang kuliah tunggal (UKT) hingga 10 persen. Bahkan lebih untuk ilmu-ilmu eksakta (science). Sementara Universitas Brawijaya (UB) dan Universitas Negeri Malang (UM) menunggu kabar Kemenristek-Dikti.

Wakil Rektor (Warek) II UIN Maliki Malang Dr Sugeng Listyo Prabowo MPd membeberkan, rencana kenaikan itu ditelurkan karena selama ini biaya UKT UIN Maliki yang terbagi dalam tiga kategori termasuk paling murah. Itu jika dibandingkan dengan PTN lain di Kota Malang.

Tahun lalu misalnya, UKT kategori I mulai dari Rp 0 hingga Rp 400 ribu. Kategori II, Rp 400 ribu–Rp 1,3 juta dan kategori III Rp 1,3 juta hingga Rp 2,35 juta per semester.

”Kalau diukur dari kebutuhan sekarang, jauh dari cukup,” kata dia di rektorat UIN Maliki dilansir Radar Malang (Grup JPNN.com), Minggu (1/2).

Apalagi, UIN Maliki mewajibkan setiap maba tinggal di ma’had atau asrama mahasiswa selama satu tahun. Dan itu gratis alias tidak ada tarikan dana tambahan lagi pada maba.

”Ma’had juga membutuhkan operasional tinggi. Jika per maba dikenakan maksimal Rp 2,35 juta, maka tidak sesuai dengan kebutuhan,” terangnya.

Sugeng menambahkan, UKT ditetapkan bervariasi di masing-masing jurusan. Jurusan eksakta (science) lebih mahal ketimbang sosial-humaniora, tapi rentangnya tidak terlalu jauh. Kondisi ini juga menjadi pertimbangan sendiri untuk mengkaji ulang UKT tahun lalu. Terutama menaikkan lebih dari 10 persen untuk jurusan eksakta dan ilmu terapan. Serta jurusan yang memiliki komposisi praktikum tinggi dan biaya mahal untuk kebutuhan bahan dan alat.

Sugeng mencontohkan jurusan farmasi, teknologi informatika, kimia, dan arsitektur.

MALANG KOTA – Biaya kuliah di tiga PTN (perguruan tinggi negeri) Kota Malang tahun ini bakal lebih mahal. Universitas Islam Negeri (UIN) Maliki

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News