Fahri Ingatkan Jokowi: Jangan Ada Salah Langkah

Fahri Ingatkan Jokowi: Jangan Ada Salah Langkah
Fahri Hamzah. Foto: dok.JPNN

JAKARTA - Presiden Joko Widodo akan bertemu pimpinan DPR di komplek Istana Kepresidenan, Jakarta,  hari ini. Rapat konsultasi ini kemungkinan besar juga akan menyinggung soal polemik pelantikan kapolri yang masih mengambang hingga saat ini.
    
Menko Polhukam Tedjo Edhy Purdjianto, meski membenarkan rencana pertemuan, enggan membeber detil topik yang akan dibicarakan. "Belum tahu materinya apa," kata Tedjo, saat dihubungi, kemarin (1/2).
    
Permintaan melakukan rapat konsultasi dengan presiden sebenarnya sudah diajukan pimpinan Komisi III DPR, sejak pertengahan Januari 2015 lalu. Mereka ingin mempertanyakan alasan tak kunjung dilantiknya calon kapolri ajuan presiden yang sudah disetujui dewan.
    
Terpisah, Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah membenarkan kalau salah satu materi pembahasan di rapat konsultasi kali ini adalah terkait rencana pergantian kapolri.

Politisi PKS itu menyatakan, pembicaraan menyangkut hal tersebut akan lebih diarahkan pada pembahasan seputar sistem ketatanegaraan.
       
"Kami tidak akan bicara tentang orang per orang, tapi fokus kami bagaimana sama-sama memastikan sistem berjalan sebagaimana mestinya," kata Fahri.
       
Di parlemen, aspirasi mainstream yang berkembang menginginkan agar Budi Gunawan segera bisa dilantik sebagai kapolri. Hal itu menjadi konsekuensi logis berdasar UU Polri. "Ada kekhawatiran, presiden tidak melaksanakannya dengan baik," imbuh Fahri.
       
Dia kemudian membeber kalau semua tahapan perundangan terkait pergantian kapolri telah dilalui. Mulai dari pengajuan nama calon dari presiden berdasar masukan dari kompolnas, hingga persetujuan dari DPR.
       
"Kami tidak ingin ada salah langkah, poin-poin yang dihadapi presiden (sesuai ketentuan UU) cukup mendasar," ingat Fahri kembali.  

Selain soal kapolri, beberapa poin lain rencananya juga akan dibahas di dalam pertemuan konsultasi.

Diantaranya, soal pendapatan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2015. "Agenda revisi UU Pilkada dan UU Pemerintah juga akan disinggung," beber Fahri. (dyn)


JAKARTA - Presiden Joko Widodo akan bertemu pimpinan DPR di komplek Istana Kepresidenan, Jakarta,  hari ini. Rapat konsultasi ini kemungkinan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News