Gandeng Sony FeliCa, KCJ Kembangkan E-ticketing

Gandeng Sony FeliCa, KCJ Kembangkan E-ticketing
Gelang FeliCa Chip Inside yang bisa digunakan untuk transaksi perjalanan KRL. Dengan gelang tersebut pengguna KRL bisa lebih nyaman melakukan perjalanan KRL. FOTO Yessy Artada/JPNN.com

jpnn.com -  

JAKARTA - Perangkat e-ticketing KRL Jabodetabek kini dapat menerima semua jenis tipe chip elektronik. Nantinya, itu bisa digunakan untuk berbagai moda transportasi. Pasalnya, PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) sudah bekerjasama dengan perusahaan Jepang, Sony FeliCa.

Perangkat ini memiliki fitur teknologi contactless yang dapat diaplikasikan dengan berbagai bentuk. Dengan begitu, proses tap in dan tap out di gate elektronik KRL Jabodetabek tidak hanya menggunakan kartu.

Chip tipe F ini nantinya juga dapat diintegrasikan ke telepon seluler maupun bentuk gelang khusus yang akan diproduksi.

"Kerjasama ini merupakan upaya KCJ untuk terus mengembangkan sistem tiket elektronik perjalanan KRL, yang sudah diterapkan sejak 1 Juli 2013," ujar Direktur Utama PT KCJ, Tri Handoyo di Stasiun Juanda, Jakarta, Selasa (3/2).

Tri yakin, kemampuan menerima seluruh tipe chip F ini ke depannya semakin memudahkan integrasi antarmoda. Sementara, e-ticketing yang selama ini digunakan penumpang KRL tetap bisa digunakan seperti biasa.

"KCJ akan memiliki salah satu sistem e-ticketing paling maju di Asia Pasifik. Sistem kami juga dapat menerapkan mobile NFC e-wallet sebagai tiket dan alat pembayaran. Ini merupakan sejarah kemajuan teknologi bagi kami," tegas Tri.

Sementara, Senior General Manager FeliCa Business Division, Kazuyuki Sakamoto menjamin teknologi yang digunakan FeliCa benar-benar aman diterapkan. Pihaknya juga senang bisa bekerjasama dengan KCJ.

  JAKARTA - Perangkat e-ticketing KRL Jabodetabek kini dapat menerima semua jenis tipe chip elektronik. Nantinya, itu bisa digunakan untuk berbagai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News