Presiden Panggil Bupati Kudus ke Istana

Presiden Panggil Bupati Kudus ke Istana
Bupati Kudus Musthofa. Foto: Indopos/Int

jpnn.com - JAKARTA--Presiden Joko Widodo memanggil Bupati Kudus, Jawa Tengah, Musthofa, ke  Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa, (3/2).

Pertemuan sekitar satu jam itu membahas tentang pelaksanaan program Kredit Usaha Produktif (KUP) yang rencananya akan diujicobakan di Kabupaten Kudus.

Sasarannya adalah bagaimana memberikan kredit usaha produktif kepada masyarakat kecil. Program itu rencanakan dilaksanakan tahun ini.

“Kami ingin membangkitkan ekonomi kerakyatan yang betul-betul menyentuh kepada seluruh masyarakat di lapisan bawah,” ujarnya usai bertemu presiden.

Menurut Musthofa, alokasi dana kredit dalam program KUP itu cukup sederhana. Pembiayaannya berasal dari bank daerah atau pemerintah yang menjangkau pelosok daerah.

“Nanti akan dijamin melalui lembaga penjaminan dengan tarif premi yang relatif cukup murah,”sambungnya.

Tujuan program ini adalah untuk mengubah pandangan masyarakat bahwa bantuan dari pemerintah, bukan lagi berupa dana bantuan sosial, tetapi dana pinjaman. Dengan model ini masyarakat dididik untuk berkarya dan aktif menjadi produsen.

Besaran kredit yang diberikan, lanjut Musthofa, mulai dari Rp 5 juta hingga Rp 20 juta tanpa jaminan, dengan bunga enam persen.

JAKARTA--Presiden Joko Widodo memanggil Bupati Kudus, Jawa Tengah, Musthofa, ke  Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa, (3/2). Pertemuan sekitar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News