Perkuat Pasar IoT, Intel Caplok Saham Lantiq

Perkuat Pasar IoT, Intel Caplok Saham Lantiq
istimewa

jpnn.com - LONDON- Raksasa perangkat komputer Intel terus berusaha melebarkan sayap bisnisnya. Terbaru, Intel mencaplok saham produsen chipset komputer asal Jerman, Lantiq.

Hal itu dilakukan untuk memperkuat misi mereka di pasar Internet of Things (IoT). Sayangnya, tidak disebutkan nominal pembelian itu. Meski begitu, transaksi tersebut dikabarkan bernilai fantastis.

Internet of Things (IoT) merupakan konsep yang bertujuan untuk memperluas manfaat dari konektivitas internet yang tersambung secara terus-menerus. Kemampuannya antarai lain berbagi data, remote control dan sebagainya. Termasuk, perangkat elektronik serta peralatan lainnya yang tersambung ke jaringan lokal dan global melalui sensor aktif yang tertanam di dalam tanah.

Seperti dilansir Reuters, Selasa (3/2), Lantiq selama ini juga dikenal sebagai produsen chip untuk perangkat koneksi tembaga, fiber, dan juga jaringan hybrid perpaduan tembaga dan fiber. Termasuk di antaranya ialah mobile broadband dan wifi.

Mantan anak usaha Infineon ini dibeli oleh Golden Gate Capital pada tahun 2009 silam dengan harga Rp. 3,6 Triliun. Deutsche Telekom dikabarkan memiliki saham juga di Lantiq melalui Golden Gate Capital.

Meningkatnya tren perangkat yang terkoneksi internet menjadi pasar yang potensial bagi para produsen chip. Intel pun mendapat persaingan ketat dari Qualcomm dan beberapa perusahaan teknologi lainnya.

Menurut riset ABI, jumlah gadget seperti smartphone, PC dan perangkat pintar lainnya yang terkoneksi internet akan meningkat dua kali lipat dalam kurun waktu sepuluh tahun mendatang.

Selain Intel, Samsung juga akan menggarap IoT dengan membeli saham perusahaan stratup, SmartThings seharga Rp. 2,5 Triliun. SmartThings adalah perusahaan yang membuat software kendali jarak jauh, mulai dari pintu, lampu sampai keran air di rumah.

LONDON- Raksasa perangkat komputer Intel terus berusaha melebarkan sayap bisnisnya. Terbaru, Intel mencaplok saham produsen chipset komputer asal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News