Indonesia-Malaysia Sepakat Gelar Perundingan Batas Maritim

Indonesia-Malaysia Sepakat Gelar Perundingan Batas Maritim
ilustrasi

jpnn.com - JAKARTA - Pemerintah Indonesia dan Malaysia sepakat untuk mempercepat penyelesaian masalah perbatasan kedua negara. Kesepakatan ini dibuat langsung oleh Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak dalam pertemuan bilateral antara kedua negara di Putra Jaya, Malaysia, Jumat (6/2).

Salah satu poin yang disepakati adalah diselenggarakannya perundingan teknis batas maritim Indonesia-Malaysia pada tanggal 24-26 Februari 2015. Selain itu, kedua kepala negara sepakati menunjuk negosiator utama untuk perundingan tersebut.

"Indonesia dan Malaysia juga sepakat untuk menyelesaikan Standard of Procedures (SOP) dalam menangani nelayan-nelayan di wilayah perairan yang masih tumpang tindih status kepemilikannya," tulis Kementerian Luar Negeri dalam keterangan pers yang diterima JPNN.

Selain itu, kedua negara juga sepakat untuk mendorong upaya perlindungan yang lebih terhadap Buruh Migran Indonesia. Di antaranya melalui penguatan pengiriman tenaga kerja melalui sarana legal dan prosedural.

Dalam kesempatan itu, PM Malaysia juga setuju untuk memberikan ijin bagi pendirian Community Learning Centers (CLCs) di Sabah dan Sarawak. Fasilitas ini bertujuan untuk menjamin akses pendidikan bagi ribuan anak-anak BMI di Malaysia.

Secara khusus, kedua pemimpin bertekad untuk terus mengoptimalkan potensi kerja sama ekonomi, termasuk di bidang perdagangan dan investasi. Di antaranya dengan menggalakkan kerja sama promosi perdagangan dan investasi bersama.

"Dalam kaitan ini, Presiden Jokowi mengundang investor Malaysia untuk berinvestasi di Indonesia, khususnya sektor infrastruktur, seperti jalan tol, pembangkit tenaga listrik, kereta api dan pelabuhan," tulis pihak Kemlu lagi. (dil/jpnn)

 

JAKARTA - Pemerintah Indonesia dan Malaysia sepakat untuk mempercepat penyelesaian masalah perbatasan kedua negara. Kesepakatan ini dibuat langsung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News