Uang Dilempar ke Pos Polisi, di Pot Bunga Untuk Petugas Dishub

Uang Dilempar ke Pos Polisi, di Pot Bunga Untuk Petugas Dishub
Uang Dilempar ke Pos Polisi, di Pot Bunga Untuk Petugas Dishub

jpnn.com - JAKARTA - Ada yang menarik dari fakta setoran liar para kernet bus Kopaja dan Metromini yang ingin berputar di Bundaran HI, Jakarta. Uang yang diduga diperuntukkan buat aparat tidak hanya disimpan di pot bunga tapi juga dilempar ke pos lalu lintas.

Fakta ini terungkap melalui video yang beredar di Youtube. Video yang berdurasi 2 menit 12 detik itu memperlihatkan tiga Kopaja yang melakukan modus sama di Bundaran HI.

Mereka menurunkan penumpang, menaruh uang di pos, lalu berlari kecil menuju pot bunga. Diduga, duit di pot bunga itu untuk oknum petugas Dishub DKI sementara di pos polisi untuk anggota korps Bhayangkara yang bertugas di lalu lintas.

Di adegan pertama, terlihat seorang kernet yang turun dari Kopaja tujuan Tanah Abang sebelum berputar di HI. Sambil berlari, dia membawa uang lalu menaruhnya di dekat pintu masuk pos lantas. Petugas polisi di dalam pos, terlihat cuek saja. Mereka juga tidak langsung memungut uang tersebut.

Hal yang sama juga tampak pada dua Kopaja lainnya. Dia berlari sambil menaruh uang di pos, lalu menuju pot bunga, yang lokasinya berada tak jauh dari posi. Uang di pot bunga belum diambil oleh siapa pun, selama video itu direkam.

Secara aturan, sebetulnya tidak boleh ada Kopaja atau Metromini jurusan Tanah Abang yang berputar di HI. Namun mereka melakukannya untuk mengejar para penumpang yang turun di Stasiun Sudirman. Untuk itu, mereka rela menyetor uang ke petugas. Peristiwa ini biasanya terjadi pada pagi hari.

“Belok untuk ngetem lagi di Stasiun Sudirman karena mau ngejar penumpang,” kata sopir Metro Mini 640 jurusan Pasar Minggu-Tanah Abang, Barianto Hasibuan.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Risyapudin Nursin mengatakan, akan menyelidiki mengenai oknum yang menerima ‘uang jago’ dari kondektur.

JAKARTA - Ada yang menarik dari fakta setoran liar para kernet bus Kopaja dan Metromini yang ingin berputar di Bundaran HI, Jakarta. Uang yang diduga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News