Polda Riau-Polisi Malaysia Patroli Bareng di Selat Malaka

Polda Riau-Polisi Malaysia Patroli Bareng di Selat Malaka
Polda Riau-Polisi Malaysia Patroli Bareng di Selat Malaka

jpnn.com - PEKANBARU - Polda Riau dan Polisi Malaysia bakal menggelar patroli perairan bersama di Perairan Selat Malaka, mulai Senin hingga Rabu (9-11/2). Ini dilakukan sebagai upaya mengantisipasi lalu lintas barang ilegal, serta penanggulangan aksi pencurian ikan.

Kapolda Riau, Brigjen Pol Dolly Bambang Hermawan mengatakan patroli bareng ini sudah menjadi agenda rutin. "Setiap setahun dua sampai tiga kali,’’ sebut Dolly, seperti dilansir dari Riau Pos (Grup JPNN), Minggu (8/2).

Kapolda menjelaskan, teknis patroli bersama ini nantinya kapal dari Pol Air Polda Riau bergerak melakukan patroli sementara di saat bersamaan kapal dari Polisi Malaysia juga bergerak dari markasnya. "Pada titik yang sudah ditentukan bertemu, kemudian rendezvous itu untuk saling tukar informasi. Apa yang mereka miliki dan apa yang kita miliki,’’ katanya. 

Setelah bertemu dan berkoordinasi, patroli bersama kemudian dilakukan dengan waktu delapan jam per harinya dan digelar selama dua sampai tiga hari. "Kita akan menurunkan dua kapal besar bantuan dari Baharkam Mabes Polri. Kapal ini yang mampu mengarungi laut lepas lebih dari 12 mil,’’ paparnya.

Sejauh ini, kata Dolly, hal-hal yang akan menjadi atensi dalam patroli bersama adalah penyelundupan serta pencurian ikan. "Nanti yang akan diperhatikan misalnya permasalahan, penyelundupan narkoba, TKI ilegal, dan pencurian ikan di laut. Makanya ditentukan titik temunya dan dilakukan paroli bersama,’’ pungkas Kapolda. (ali)


PEKANBARU - Polda Riau dan Polisi Malaysia bakal menggelar patroli perairan bersama di Perairan Selat Malaka, mulai Senin hingga Rabu (9-11/2). Ini


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News