Adiperkasa Citra Lestari Perusahaan Apa? Kantornya Kok di Ruko Notaris

Adiperkasa Citra Lestari Perusahaan Apa? Kantornya Kok di Ruko Notaris
Ruko di Kompleks Rukan Tendean Square, Jakarta Selatan, tadi malam yang disebut di data sisminbakum sebagai kantor PT Adiperkasa Citra Lestari, perusahaan A.M. Hendropriyono. Foto Frederik Tarigan/Pawa Pos/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA — Di kalangan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), PT Adiperkasa Citra Lestari merupakan perusahaan yang asing didengar. Tak jelas, seperti apa kiprah perusahaan milik AM Hendropriyono itu.

Kemunculan Adiperkasa Citra Lestari memang cukup mengagetkan. Apalagi sampai melakukan penandatangan kerjasamana dengan Proton, yang disaksikan oleh Presiden Joko Widodo di Malaysia, Jumat (6/2). Proton adalah pabrikan mobil dari Malaysia yang menjadi partner guna membuat mobil nasional (mobnas).

Menurut sumber Jawa Pos (Induk JPNN.com) di kalangan bos produsen otomotif, keberadaan perusahaan tersebut menjadi kasak-kusuk di kalangan internal Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia).

Sebab, sebagai pelaku industri otomotif, Gaikindo tidak pernah mendengar perusahaan milik mantan kepala Badan Intelijen Negara (BIN) itu.

”Kita belum pernah dengar ya kalau Pak Hendro ternyata juga punya perusahaan otomotif. Kita baru dengar hari ini (kemarin, Red) ada perusahaan itu. Ini kita (anggota Gaikindo, Red) SMS-an saling menanyakan soal perusahaan baru itu. Karena nggak ada yang tahu soal PT Adiperkasa Citra Lestari ini,” kata sumber tersebut.

Berdasar penelusuran data Jawa Pos, sepak terjang Hendropriyono hanya menonjol di bidang militer. Mengenyam pendidikan di Akademi Militer Nasional Magelang pada 1967, nama Hendropriyono mulai dikenal publik saat menjadi direktur Badan Intelijen Strategis pada 1990 dan menjadi panglima Kodam Jakarta Raya pada 1993.

Pada 1998 Hendropriyono menjabat menteri transmigrasi, pemukiman, dan perambahan hutan dalam Kabinet Pembangunan VII sampai 1999. Pada 2001 karirnya memuncak karena diangkat sebagai kepala Badan Intelijen Negara sampai 2004.

Di luar karir di bidang militer dan politik, Hendropriyono pernah menjadi ketua Komisi Tinju Indonesia pada 1994 sampai 1998. Satu-satunya karir bisnis yang tercatat adalah posisinya sebagai komisaris di PT Carrefour Indonesia pada April 2010. Diduga, posisi itu diperoleh karena kedekatannya dengan bos Carrefour Indonesia Chairul Tanjung.

JAKARTA — Di kalangan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), PT Adiperkasa Citra Lestari merupakan perusahaan yang asing

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News