Telur Semut Hasilkan Ratusan Ribu Rupiah per Hari

Telur Semut Hasilkan Ratusan Ribu Rupiah per Hari
TELUR SEMUT- Salah seorang anggota Poktan Ramaju menunjukkan budidaya telur semut yang mereka geluti selama ini. Foto: Metro Siantar/JPNN

jpnn.com - TAPSEL – Siapa menyangka, budidaya telur semut bisa menghasilkan uang hingga ratusan ribu rupiah per hari.

Ya, Kelompok Tani (Koptan) Ramaju, di Desa Huraba, Kecamatan Angkola Timur, Tapanuli Selatan (Tapsel), sudah membuktikan itu.

Ketua Poktan Ramaju, Habibun Sitompul mengatakan, awalnya usaha yang mereka geluti didasari dengan niat untuk membantu masyarakat, karena telur semut itu bisa untuk mengobati warga yang sedang keracunan atau terkena kanker.

Namun tidak disangka, usaha  telur semut itu banyak peminatnya, baik yang datang dari dalam daerah maupun dari luar daerah.

“Awalnya, kami membuat usaha ini dengan tujuan membantu warga yang sedang keracunan atau kanker. Tapi seiring berjalannya waktu, usaha tersebut banyak peminat dan akhirnya kami jadikan sebagai tambahan penghasilan,” ungkapnya, seperti dilansir Metro Siantar (Grup JPNN).

Dikatakannya, saat ini, mereka bisa menghasilkan ratusan ribu setiap hari, karena satu batang telur bisa dijual seharga Rp50.000. Khusus untuk permintaan dari luar daerah, mereka memasang tarif yang lebih tinggi lagi, karena harus mengeluarkan biaya pengiriman.

"Sekarang ini, kebutuhan untuk luar daerah tidak dilayani lagi, karena permintaan untuk daerah saja tidak terpenuhi,” tuturnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, harga telur semut itu semakin mahal apabila sudah dikeringkan terlebih dulu. Biasanya, mereka mematok harga Rp 700 ribu per kilogramnya. ”Untuk telur semut yang sudah dikeringkan, biasanya banyak pemesannya berasal dari Provinsi Jambi,” tuturnya.

TAPSEL – Siapa menyangka, budidaya telur semut bisa menghasilkan uang hingga ratusan ribu rupiah per hari. Ya, Kelompok Tani (Koptan) Ramaju,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News