Konsumsi Pil KB Tingkatkan Risiko Kanker Otak

Konsumsi Pil KB Tingkatkan Risiko Kanker Otak
womens health

jpnn.com - Penggunaan pil kontrasepsi hormonal ternyata bisa meningkatkan kanker otak langka yang disebut glioma. Hal itu terungkap dari penelitian yang dilakukan di Denmark.

"Wanita di bawah 50 tahun yang mengalami glioma 90 persen telah menggunakan pil kontrasepsi hormonal selama lima tahun atau lebih. Itu jika dibandingkan dengan wanita dari populasi umum yang tanpa riwayat tumor otak,” kata pemimpin studi Dr. David Gaist, seperti dilansir laman Health, Rabu (11/2).

Gaist menambahkan, saat ini, lima dari 100 ribu perempuan rawan terkena glioma setiap tahun. Mereka ialah perempuan berusia 15-49 tahun. Hal itulah yang membuat glioma memang jarang ditemukan.

Dalam studi tersebut, Gaist meneliti perempuan Denmark berusia antara 15-49 tahun yang telah terkena glioma antara tahun 2000-2009. Hasilnya, terdapat sebanyak 317 kasus glioma. Sebanyak 60 persen di antaranya menggunakan pil kontrasepsi pada rentang yang sama. (fny/jpnn)

Penggunaan pil kontrasepsi hormonal ternyata bisa meningkatkan kanker otak langka yang disebut glioma. Hal itu terungkap dari penelitian yang dilakukan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News