MUI Larang Gelar Pesta Hajatan Tiap Malam Jumat

MUI Larang Gelar Pesta Hajatan Tiap Malam Jumat
MUI Larang Gelar Pesta Hajatan Tiap Malam Jumat

jpnn.com - INDRAMAYU – Masyarakat di Kecamatan Terisi, Kabupaten Indramayu, diimbau untuk tidak melaksanakan pesta hajatan disertai dengan hiburan setiap Kamis malam Jumat. Imbauan dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Terisi tersebut bertujuan agar kegiatan keagamaan yang biasanya dilangsungkan oleh umat Islam setiap malam Jumat tidak terganggu.

“Setiap malam Jumat dimanfaatkan untuk Yasinan, tahlilan, marhabanan atau pengajian. Nah, aktivitas keagamaan itu jangan sampai terganggu oleh adanya hiburan pesta hajatan,” terang Camat Terisi, Drs H Achmad Mansyur MSi saat sosialisasi kepada para kuwu (kepala desa), Minggu (15/2).

Pihaknya juga mendukung imbauan dari MUI tersebut. Sebab hal itu sejalan dengan visi Remaja Pemkab Indramayu yang salah satunya mewujudkan masyarakat yang religius dan agamis.

Seiring dengan itu, Bupati Indramayu Hj Anna Sophanah juga telah mengeluarkan intruksi kepada seluruh elemen masyarakat agar terus meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT.

Instruksi dimaksud di antaranya membiasakan membaca Alquran minimal 15 menit sebelum beraktivitas, salat lima waktu berjamaah, puasa senin kamis dan memakmurkan tempat ibadah seperti masjid dan musala.

“Sosialisasinya terus digencarkan. Bukan hanya kepada para kuwu, tapi kepada tokoh masyarakat, tokoh agama termasuk kalangan pendidikan,” kata dia.

Selain MUI, UPTD Pendidikan Kecamatan Terisi juga bakal menerapkan aturan Jam Bebas Siaran Televisi (Jam Besi) bagi para pelajar. Dalam pelaksanaannya, para kuwu ikut pula dilibatkan untuk memonitor rumah-rumah warga yang memiliki anak usia sekolah.

Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Terisi, H Patoni SPd menjelaskan, keterlibatan para kuwu dinilai efektif dalam penerapan aturan Jam Besi. Mereka memiliki jaringan aparatur desa sampai tingkat RT yang dapat memantau secara langsung aktivitas para pelajar saat berada dirumah masing-masing.

INDRAMAYU – Masyarakat di Kecamatan Terisi, Kabupaten Indramayu, diimbau untuk tidak melaksanakan pesta hajatan disertai dengan hiburan setiap

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News