Wow...Penyelam Temukan 2 Ribu Koin Emas

Wow...Penyelam Temukan 2 Ribu Koin Emas
Koin emas yang ditemukan di kawasan Pelabuhan Mediterania kuno di Kota Caesarea, Israel. Foto: Jpost/CARLA AMIT- ISRAEL ANTIQUITIES AUTHORITY

jpnn.com - CAESAREA - Ini bukan cerita film anak-anak tentang petualangan berburu harta karun. Ini nyata.

Para penyelam di Israel menemukan harta karun yang luar biasa di kawasan Pelabuhan Mediterania kuno di Kota Caesarea, Israel.

Mereka mendapatkan lebih dari dua ribu koin emas. Awalnya, mereka mengira keping koin seberat 9 kilogram itu adalah koin mainan.

Namun, setelah diambil, ternyata emas asli. Itu merupakan penemuan koin kuno terbesar di Israel.

Koin tersebut kini menjadi milik pemerintah negeri Yahudi itu. Para penyelam yang telah menemukan koin tersebut tidak mendapatkan bagian sekeping pun.
 
Koin emas yang ditemukan memiliki beberapa ukuran dan nominal. Otoritas Benda Kuno Israel menegaskan, koin itu diperkirakan telah berusia seribu tahun. Sebab, berdasar ukiran di atas koin tersebut, sebagian di antaranya berasal dari petengahan abad ke-9.

Mayoritas koin itu berasal dari Kekhalifahan Dinasti Fatimiyah. Itu adalah kerajaan muslim Syiah yang menguasai sebagian besar wilayah Afrika Utara dan Timur Tengah pada milenium pertama.
 
Berbagai teori tentang bagaimana koin tersebut bisa berada di dasar laut mulai bermunculan.

"Mungkin harta karun ini berasal dari kapal milik pemerintah Mesir yang karam bersama dengan pajak-pajak yang telah dikumpulkan mereka," ujar Direktur Unit Arkeologi Laut Israel Kobi Sharvit.

Bisa juga berasal dari kapal dagang yang tenggelam saat berlayar dari satu pelabuhan ke pelabuhan lainnya.

CAESAREA - Ini bukan cerita film anak-anak tentang petualangan berburu harta karun. Ini nyata. Para penyelam di Israel menemukan harta karun yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News