Tas Misterius Disangka Bom, Ternyata Berisi Roti Basi

Tas Misterius Disangka Bom, Ternyata Berisi Roti Basi
Foto: Guntur Aga Tirtana/Radar Jogja/JPNN

jpnn.com - YOGYAKARTA – Warga di sekitar Hotel Inna Garuda, Jalan Malioboro, Yogyakarta, Rabu (18/2) pagi dibuat geger dengan temuan tas di pintu parkir timur hotel itu. Setelah dilakukan pemeriksaan dan penyisiran selama dua jam, tim penjinak bom Gegana Brimob Polda DIJ akhirnya mema-tikan tas itu hanya berisi roti basi, buku telepon, majalah promosi sebuah minimarket, dan beberapa kertas.

Namun demikian, selama dua jam parkiran yang tepat di sebelah barat gardu anim Jalan Abu Bakar Ali sebagai pintu masuk Jalan Malioboro menjadi lengang. Sebab, petugas kepolisian menutup akses ke jalan ini selama pemeriksaan.

Penemu pertama tas itu adalah Lerep Saptata, 33. Juru parkir Hotel Inna Garuda itu mengaku menemukan tas itu sekitar pukul 08.30 ketika sedang mengecek parkir di hotel berbintang tersebut. Ia curiga dengan tas itu.

“Saya tidak berani membuka. Lalu saya lapor saja ke pimpinan dan diteruskan ke Polsek Danurejan,” jelasnya.

Sekitar pukul 09.30, tim penjunak bahan peledak (Jihandak) Gegana Brimobda Polda DIY tiba di lokasi dengan peralatan lengkap. Mulai alat proteksi, deteksi X-ray, robot caliber, dan alat pendukung lain.

Pukul 10.00, akses ke Malioboro ditutup bertahap. Warga pun diminta menjauh dari lokasi minimal 300 meter. Suasana lengang ini berlangsung hingga pukul 12.00.

Ketegangan muncul saat proses pemeriksaan tas yang disangka bersisi bom itu. Beberapa kali petugas Gegana Polda DIY mengecek isi tas itu. Awalnya petugas berusaha membukanya. Tapi upaya itu tak berhasil.

Selanjutnya, petugas memasang tali untuk merusak tas dengan mengaitkan satu sisinya ke pagar, sedangkan sisinya ditarik dari jarak jauh. Proses ini akhirnya sukses. Sebuah kotak putih dengan ditali kain berwarna merah terlempar dari tas.

YOGYAKARTA – Warga di sekitar Hotel Inna Garuda, Jalan Malioboro, Yogyakarta, Rabu (18/2) pagi dibuat geger dengan temuan tas di pintu parkir

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News