Ahok Ancam Usir Warga yang Hambat Proyek Sodetan Ciliwung

Ahok Ancam Usir Warga yang Hambat Proyek Sodetan Ciliwung
Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama. Foto: dokumen JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama mengatakan akan terus melaksanakan proyek sodetan Ciliwung. Proyek itu terkendala karena alotnya pembebasan lahan di Bidara Cina, Jakarta Timur.

"Kalau nolak, kita harus paksa. Enggak mungkin sodetan berhenti. Didudukin tanahnya kita kan," kata Ahok di Balai Kota, Jakarta, Jumat (20/2).

Ahok menjelaskan upaya paksa yang akan dilakukan adalah memindahkan warga yang ada di Bidara Cina ke rumah susun.

"Ya usir, kasih rusun," ujarnya.

Ditanya soal proses pembebasan lahan, Ahok menyatakan pihaknya saat ini tengah melakukan pendataan warga di Bidara Cina. Proses pengerukan, sambung dia, masih terus berjalan.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah melihat langsung perkembangan proyek sodetan Ciliwung pada Rabu (18/2) lalu. Saat itu, Jokowi didampingi oleh Ahok dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Adi Mulyono.

Pengerjaan proyek sodetan dari Kali Ciliwung ke KBT dilakukan untuk menanggulangi banjir di Jakarta. Pengerjaan proyek ini menemui kendala karena warga menolak ganti rugi berdasarkan nilai jual objek pajak. Lahan yang belum bisa dibebaskan untuk mengalihkan volume air dari Sungai Ciliwung ke KBT itu berada di Bidara Cina‎. Jumlahnya ada 299 bidang. (gil/jpnn)

 


JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama mengatakan akan terus melaksanakan proyek sodetan Ciliwung. Proyek itu terkendala karena alotnya


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News