Profesor Berhati Lembut Ini Menangis saat Cerita tentang Ibunya

Profesor Berhati Lembut Ini Menangis saat Cerita tentang Ibunya
Rektor terpilih ITS Joni Hermana bersama istri dan empat putra-putri mereka. Foto: Guslan Gumilang/Jawa Pos

jpnn.com - PROF Ir Joni Hermana MSc ES PhD tidak lama lagi akan dilantik menjadi rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Dia akan menjadi orang nomor satu di civitas academica tersebut untuk periode 2015–2019.

-----------
Laporan Dinda Lisna Amilia, Surabaya
-----------

Ditemui di Laboratorium Pengendalian Pencemaran Udara dan Perubahan Iklim Rabu (18/2), Joni terlihat sedang rileks. Dia berbicara akrab dengan dua stafnya sembari mengerjakan sesuatu di laptop.

Beberapa kali ketiganya tertawa karena celetukan-celetukan yang mengalir dalam obrolan tersebut. ’’Ya beginilah saya, tetap seperti ini,’’ kata pria berusia 54 tahun itu lantas tersenyum.

Sosok Joni memang dikenal hangat dan akrab. Dia juga luwes dan bisa bergaul dengan lapisan mana pun di kampusnya. Itulah yang kemudian dipercaya menjadi salah satu kunci kemenangannya dalam pemilihan rektor lalu. Joni mendapat 483 suara dari karyawan ITS. Baru kemudian disusul Prof Eko Budi Djatmiko dengan perolehan 75 suara.

Sifatnya yang merangkul semua kalangan merupakan bawaan dari dulu. Sejak kecil, anak kedelapan di antara sebelas bersaudara itu memang dididik untuk berempati kepada orang lain.

Ayahnya, Soedarto Boedisunyoto, adalah mantan letnan TNI-AL yang beralih profesi menjadi PNS setelah kemerdekaan RI. Ibunya, Siti Aminah, adalah ibu rumah tangga yang fasih berbahasa Jawa halus karena pernah mengenyam pendidikan di Jogjakarta.

Salah satu kebiasaan keluarga Joni adalah makan di luar rumah saat hari libur. Namun, sang ibu sering memberikan pengertian kepada Joni dan saudaranya bahwa lebih baik uang mereka disumbangkan kepada orang tidak mampu daripada digunakan untuk makan di luar.

PROF Ir Joni Hermana MSc ES PhD tidak lama lagi akan dilantik menjadi rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Dia akan menjadi orang nomor

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News