Pandansari Terbakar, 383 Kios Hangus

Pandansari Terbakar, 383 Kios Hangus
Pandansari Terbakar, 383 Kios Hangus

jpnn.com - BALIKPAPAN – Kebakaran hebat menimpa Pasar Pandansari, Balikpapan Barat, Sabtu (21/2) dini hari sekira pukul 02.15 Wita. Sebanyak 383 kios di dua blok pasar tradisional terbesar Kota Minyak itu ludes dilalap si jago merah.

Pedagang di Blok B1 dan B2 yang menjadi korban ditaksir mengalami kerugian hingga Rp 3 Miliar. Belum lepas dari ingatan, 6 Januari lalu, sebanyak 135 pedagang harus kehilangan kios di Pasar Inpres yang lokasinya tak jauh dari Pasar Pandansari. Api diduga berasal dari kios milik Rusli yang berada di Blok B2.

Menurut kesaksian Jumain (41), api tiba-tiba muncul di tengah heningnya malam di saat tak ada lagi aktivitas jual beli dalam pasar.

“Saya lagi keliling kontrol di lantai dua, saya lihat api sudah mulai berkobar di atap kios milik Rusli,” ungkap Jumain yang diamini rekannya dan Daeng Manaba (55) sesama penjaga malam.

Saat melihat api, pekik Jumain menggaung sampai ke luar bangunan. Sempat dihinggapi kepanikan, pipa besi dipukul tak beraturan.

“Tolooonngggggg…toooloooonggggg” teriak Jumain dari dalam gedung berkonstruksi beton itu.

Daeng Manaba yang mendengar itu, meminta Jumain mematikan panel listrik di Blok B2. Berharap api tidak cepat menjalar ke kios lain.
Kedua wakar ini, berusaha mencari bantuan dengan berlari ke luar pasar. Sementara api membesar, tak butuh lama terpencar ke seluruh kios di Blok B2.

“Saya pas lagi tidur, bangun karena dengar teriakan itu. Apinya sudah besar,” terang Acong yang berprofesi sebagai tukang ojek.

BALIKPAPAN – Kebakaran hebat menimpa Pasar Pandansari, Balikpapan Barat, Sabtu (21/2) dini hari sekira pukul 02.15 Wita. Sebanyak 383 kios

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News