Para Dokter jadi Was-was

Para Dokter jadi Was-was
Para Dokter jadi Was-was

jpnn.com - JAKARTA - Para dokter kini merasa was-was saat memberi obat pada pasiennya. Hal ini imbas  terjadinya kasus salah isi obat Buvanest Spinal 0,5 persen Heavy 4 ml yang menewaskan dua orang pasien Rumah Sakit (RS) Siloam Karawaci Tangerang

Hal ini diakui oleh Ketua Umum Perhimpunan Dokter Anestesi dan Terapi Intensif (Perdatin) Andi Wahyuningsih Attas. Dia menuturkan, para rekan sejawatnya menjadi was-was saat memberikan obat pada pasien.

Mereka khawatir adanya kemungkinan salah pengisian pada obat-obat lainnya. "Tentu. Ini membuat kita lebih hati-hati dan aware lagi," ungkapnya saat dihubungi kemarin (22/1).

Dia melanjutkan, namun hal itu bisa teratasi. Kepercayaan pada pihak pemerintah atas pengawasan yang dilakukan mendorong mereka kembali percaya dalam penggunaan obat. Terlebih, banyak pasien atau masyarakat yang membutuhkan obat-obatan ini. "Selain itu, ini kan buvanest sudah tidak dipakai lagi. Sudah ditarik jadi kekhawatiran sudah sangat menurun," jelasnya.

Atas penarikan Buvanest ini sendiri, perempuan yang juga menduduki posisi Direktur Utama RS Umum Pusat (RSUP)  Fatmawati itu mengatakan jika tidak ada dampak serius atas hal itu. Sebab, terdapat beberapa jenis obat lain yang dapat digunakan sebagai subtitusi buvanest.
 
"Masih ada beberapa jenis obat lain yang memiliki kandungan Bupivacaine yang dapat digunakan. Tidak terlalu berpengaruh," urai alumni Fakultas Kedokteran Universitas Hasanudin itu.

Rasa was-was ini turut diamini oleh Ketua Ikatan Dokter Indoensia (IDI) Zaenal Abidin. Pasalnya, penggunaan obat jenis injeksi juga digunakan oleh para dokter secara umum. "Untuk disuntikkan ke infuse, dan lainnya. Ini memang tidak dapat dipisahkan dengan pasien," ungkapnya.

Karenanya, ia meminta pemerintah secara tegas mengusut kasus ini. Dia pun turut mendesak pemerintah untuk langsung terjun ke lapangan mengawasi produk farmasi, baik dari hulu hingga hilir. "Karena tidak mungkin dokter turun sendiri. kalo bukan pemerintah, pada siapa kita akan percaya (pada pengawasan)," tegasnya.

BPOM sendiri berkomitmen terus mengusut kasus Buvanest ini. Biro Hukum dan Humas BPOM Budi Djanu Purwanro menampik jika pihaknya disebut kebobolan atas kasus tertukarnya isi Buvanest ini. Dia mengatakan, pihaknya selalu rutin melakukan pengawasan langsung ke lapangan.

JAKARTA - Para dokter kini merasa was-was saat memberi obat pada pasiennya. Hal ini imbas  terjadinya kasus salah isi obat Buvanest Spinal 0,5

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News