Andre Omer Siregar, Interpreter Kepala Negara yang Menjadi Konsul Termuda

Awalnya Jadi Penerjemah Pengganti Presiden Megawati

Andre Omer Siregar, Interpreter Kepala Negara yang Menjadi Konsul Termuda
GAMPANG GAUL: Andre Omer Siregar (kiri) berbincang dengan aktor senior Harrison Ford. Meski masih muda, Andre punya jam terbang yang tinggi sebagai diplomat. Foto: Dokumentasi pribadi Andre Omer Siregar

jpnn.com - Indonesia punya konsul termuda yang kini bertugas di Negara Bagian Utara Australia. Dia adalah Andre Omer Siregar. Konsul 40 tahun itu mengawali karir sebagai diplomat sekaligus penerjemah (interpreter) untuk Presiden SBY selama 10 tahun.

Laporan Mochamad Salsabyl Ad'n, Jakarta

SANTAI, cerdas, dan ramah. Itulah kesan pertama ketika Jawa Pos bertemu Andre Omer Siregar di sela Rapat Kerja Kepala Perwakilan RI (Raker Keppri) 2015 di kantor Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), Jakarta, 3 Februari lalu.

’’No worries, Dude (Jangan khawatir, Bro, Red),’’ jawab Andre ketika Jawa Pos meminta waktu untuk wawancara via telepon.

Sebagai pejabat perwakilan baru di Northern Territory (NT) Australia, Andre senang mendapat kesempatan untuk mengungkapkan program-programnya di media. Tidak bermaksud pamer bahwa dirinya merupakan konsul termuda, Andre merasa perlu mengangkat Darwin, ibu kota NT Australia, sebagai kota penting dalam hubungan diplomatik Indonesia-Australia. Menurut dia, Darwin selama ini masih menjadi kota bayangan Sydney, Perth, dan Canberra.

’’Padahal, NT adalah wilayah Australia yang sangat berhubungan dengan Indonesia. Wilayah di sini berbatasan langsung dengan NTT, NTB, dan Papua. Isu-isu ekonomi, sosial budaya, hingga narkoba dan trafficking (penyelundupan manusia, Red), semua terkait dengan perbatasan Indonesia-Darwin,’’ terangnya.

Memang, Andre masih masuk kategori anak bawang di kalangan pimpinan perwakilan RI di luar negeri. Maklum, pria yang saat ini gandrung lari saat pulang kantor itu baru menginjakkan kaki di Darwin pada 18 Desember 2014. Otomatis, pengalamannya menjadi konsul masih seumur jagung. Meski demikian, dia langsung tancap gas begitu memulai tugas.

’’Waktu saya baru tiba, Darwin sedang memeringati 40 tahun Cyclone Tracy. Yakni, peringatan hancurnya Kota Darwin karena bencana. Jadi, tugas pertama saya saat itu menghadiri peringatan tersebut,’’ ujarnya.

Indonesia punya konsul termuda yang kini bertugas di Negara Bagian Utara Australia. Dia adalah Andre Omer Siregar. Konsul 40 tahun itu mengawali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News