Tiga Kabupaten Baru di Sultra Pilih Ikut Pilkada Serentak 2017

Tiga Kabupaten Baru di Sultra Pilih Ikut Pilkada Serentak 2017
Tiga Kabupaten Baru di Sultra Pilih Ikut Pilkada Serentak 2017

jpnn.com - JAKARTA - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Arief Budiman menyatakan, tiga daerah di Provinsi Sulawesi Tenggara kemungkinan akan melaksanakan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak tahap kedua pada 2017 mendatang. Ketiga daerah itu adalah  Kabupaten Muna Barat, Buton Selatan dan Buton Tengah.

Menurut Arief, ketiga daerah itu  merupakan daerah otonomi baru (DOB) yang terbentuk pada 2014 lalu. Karenanya, meski akhir masa jabatan (AMJ) kepala daerahnya pada 2015, namun sesuai undang-undang pembentukan DOB maka pilkadanya baru dapat dilaksanakan 2017 mendatang.

"Kalau menurut UU DOB ketiga daerah tersebut, pilkada mereka paling cepat dua tahun setelah pembentukan, baru bisa dan itu jatuh temponya pada 23 Juli 2016.  Maka nanti mereka ikut pilkada serentak gelombang ke dua di tahun 2017," ujar Arief di Jakarta, Selasa (24/2).

Sebagaimana diketahui, Kemendagri sebelumnya menetapkan tiga daerah otonom baru itu ikut Pilkada 2015. Namun, ketiganya justru menolak menganggarkan biaya pelaksanaan pilkada dalam APBD 2015. Alasannya adalah proses revisi atas UU Nomor 1 1 Tahun 2014, tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota.

Namun, ketika revisi UU Nomor 1 Tahun 2015 tuntas, ketiga daerah itu tetap menolak menganggarkan dana untuk pilkada serentak 2015. Kali ini, alasannya adalah pada ketentuan dalam UU pembentukan DOB masing-masing.

Dihubungi di tempat yang sama, Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Dirjen Otda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Susilo mengaku pihaknya akan mengkaji terlebih dahulu terkait hal tersebut. “Untuk tiga daerah itu nanti akan kami bicarakan lagi apakah ikut gelombang pertama atau ke dua pada 2017.  Ini harus dikaji lebih mendalam apakah akan melanggar peraturan atau tidak kalau maju ke 2015," ujarnya.(gir/jpnn)

 

JAKARTA - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Arief Budiman menyatakan, tiga daerah di Provinsi Sulawesi Tenggara kemungkinan akan melaksanakan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News