BRI Diproyeksikan jadi Pusat ATM Seluruh Bank BUMN

BRI Diproyeksikan jadi Pusat ATM Seluruh Bank BUMN
BRI Diproyeksikan jadi Pusat ATM Seluruh Bank BUMN

jpnn.com - JAKARTA- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno berencana  menyatukan Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Cara tersebut diyakini bisa menurunkan biaya operasional perbankan.

Dengan begitu, bunga pinjaman bisa ditekan hingga di bawah sepuluh persen. Nantinya, BRI diproyeksikan sebagai pusat ATM seluruh bank BUMN. Pasalnya, di antara perbankan BUMN, baru BRI yang mempunyai satelit.

"Jadi apakah nanti kemungkinan BRI (jadi pusat IT ATM). Mereka kan sudah punya satelitnya. Jadi, semua bisa memanfaatkan punya BRI itu. (ATM) BRI juga ada di mana-mana, tapi ini masih kami kaji," terang Rini.

Langkah itu merupakan respon dari keinginan Presiden Joko Widodo yang meminta menterinya berusaha menurunkan bunga pinjaman bank.

‎"Kenapa bank-bank BUMN harus berinvestasi untuk ATM sendiri-sendiri? Kenapa tidak bersama-sama sehingga itu menurunkan cost. Beliau (Presiden Jokowi) mengharapkan kalau cost itu turun, otomatis bunga pinjaman itu bisa turun," tegas Rini.

Selain menunurunkan biaya operasional, penyatuan ATM‎ bisa membuat pendanaan perbankan lebih efisien. Alhasil, nantinya seluruh nasabah perbankan BUMN bisa melakukan transaksi di mesin ATM yang sama. (chi/jpnn)

 


JAKARTA- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno berencana  menyatukan Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Cara tersebut diyakini bisa


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News