Waketum dan Sekjen PAN Bisa Pengaruhi Peta Dukungan

Hatta Rajasa dan Zulkifli Hasan Bersaing Ketat

Waketum dan Sekjen PAN Bisa Pengaruhi Peta Dukungan
Waketum dan Sekjen PAN Bisa Pengaruhi Peta Dukungan

jpnn.com - JAKARTA - Jelang pelaksanaan kongres Partai Amanat Nasional (PAN) di Bali yang akan dibuka pada 28 Februari nanti, persaingan dua nama calon ketua umum, yakni Hatta Rajasa dan Zulkifli hasan semakin ketat. Bahkan, tingkat dukungan antara incumben dan penantang itu bisa dibilang imbang.

Hal itu diketahui dari hasil sensus nasional yang dilakukan Center for Strategic and International Studies (CSIS) bersama Cyrus Network terhadap para pimpinan PAN di 34 provinsi dan 514 kabupaten/kota se Indonesia. Sensus itu dilakukan selama  16-19 Februari 2015.

Peneliti Departemen Politik CSIS, Arya Fernandes mengatakan sensus itu dilakukan untuk mengetahui peta dukungan terhadap dua kandidat calon terkuat dan yang berpeluang memenangi kontestasi dalam kongres PAN nanti. Menurutnya, hampir dipastikan calon ketua umum yang maju hanya Hatta dan Zulkifli.

"Menuju kongres 2015, ada dua kandidat yang bertarung. Kecil kemungkinan muncul kandidat lain selain Hatta Rajasa dan Zulkifli Hasan. Peta dukungan ini bersifat sementara, bisa saja berubah," kata Arya dalam konferensi pers bertajuk "Siapa Ketua Umum PAN 2015-2020 & Apa Pekerjaan Rumah Mereka? di Jakarta Pusat, Kamis (26/2).

Arya menjelaskan, Hatta dan Zulkifli punya dukungan yang sama-sama kuat dari pengurus partai di tingkat provinsi, yakni 38,24 persen. Sedangkan dukungan untuk nama lain adalah 5,88 persen. Sisanya, ada 9,71 persen pengurus PAN di daerah belum menjawab.

Namun, dari sensus itu terlihat Hatta sedikit unggul berdasarkan tingkat dukungan dari pengurus PAN kabupaten/kota. Hatta mengantongi 42,77 persen, sedangkan Zukkifli  38,64 persen.

Namun, ada pula dukungan untuk nama lain di kalangan muda PAN. Misalnya, Dradjad H Wibowo yang kini menjadi wakil ketua umum PAN mendapat 2,27 persen dukungan. Sedangkan Sekjen PAN Taufik Kurniawan mengantongi 0,62 persen dan Ketua DPP PAN Viva Yoga Mauladi meraih 0,41 persen.

Arya justru menyebut munculnya nama-nama itu menarik karena bisa menentukan pemenang pemilihan ketua umum. “Tapi Mas Dradjad dan Taufik Kurniawan juga menarik, apakah mendukung Pak Hatta atau ke Pak Zulkifli.  Saya kira orang-orang ini juga bisa memengaruhi peta dukungan," jelasnya.(fat/jpnn)


JAKARTA - Jelang pelaksanaan kongres Partai Amanat Nasional (PAN) di Bali yang akan dibuka pada 28 Februari nanti, persaingan dua nama calon ketua


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News