Dipimpin Hatta, Elektabilitas PAN Diyakini Akan Meningkat

Dipimpin Hatta, Elektabilitas PAN Diyakini Akan Meningkat
Dipimpin Hatta, Elektabilitas PAN Diyakini Akan Meningkat

jpnn.com - JAKARTA - Sosok Hatta Rajasa masih diinginkan memimpin kembali Partai Amanat Nasional (PAN). Mantan Menteri Perhubungan dan calon wakil presiden yang berpasangan dengan Prabowo Subianto pada pilpres 2014 itu dinilai punya kemampuan komunikasi dengan kader hingga ke akar rumput sehingga diyakini bisa membawa PAN lebih baik lagi.

Pernyataan ini disampaikan pengamat politik dari Habibie Center Bawono Kumoro. Kata dia, kualitas komunikasi yang dimiliki Hatta menjadi kelebihan yang paling unggul dibanding calon lainnya yang bakal bersaing pada Kongres PAN IV di Bali, Sabtu (28/2).

Menurut Bawono Kumoro, hasil polling terbaru dari Center for Strategic and International Studies (CSIS) juga menunjukkan bahwa Hatta masih yang terbaik. "Jika dilihat dari kualitas komunikasi politik terhadap para kader, Hatta dinilai paling baik di mata para kader PAN," ujar jebolan Universitas Paramadina ini ketika dihubungi melalui telepon, Jumat (27/2).

Sensus CSIS dilakukan pada 16-19 Februari 2015 juga menunjukkan para Ketua DPD PAN sangat menghargai keberhasilan Hatta dalam menaikkan perolehan suara pada Pemilu 2014.

"Hasil sensus nasional CSIS dimana 42,77% ketua-ketua DPD PAN mendukung Hatta Rajasa menunjukkan prestasi dalam menaikkan suara di pemilu lalu sangat dihargai mayoritas elite dan kader partai tersebut, ungkap Bawono.

Dengan prestasi itu, Bawono menilai Hatta memiliki modal bagus menuju pemilihan Ketua Umum PAN.Sementara itu pengamat dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Firman Noor juga menyampaikan bahwa selama satu periode memimpin PAN, track record Hatta cukup berhasil.

Bawono menilai Hatta sebagai kader PAN yang beken, di daerah pun lebih mendukung Hatta dibanding Zulkifli. Apalagi dengan figur Hatta yang berhasil menjadi cawapres pendamping Prabowo Subianto, ini menjadi nilai plus tersendiri.

Hatta juga dinilai berhasil meningkatkan suara PAN diantara kecenderungan suara Partai Islam lain yang mayoritas turun. "Ini yang jadi kelebihan Hatta dibanding Zulkifli, ujar Firman.

JAKARTA - Sosok Hatta Rajasa masih diinginkan memimpin kembali Partai Amanat Nasional (PAN). Mantan Menteri Perhubungan dan calon wakil presiden

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News