Elvira Devinamira Bergelar KRA Mustika Ayuningrum, Judika apa?

Elvira Devinamira Bergelar KRA Mustika Ayuningrum, Judika apa?
Artis dan seniman yang diberi gelar kebangsawanan oleh Kasunanan Surakarta. Foto: Imam Husein/Jawa Pos

jpnn.com - TUJUH artis dan seniman diberi gelar kebangsawanan oleh Kasunanan Surakarta pada Kamis malam (26/2). Antara lain Judika Nalon Abadi Sihotang dengan gelar Kanjeng Raden Haryo (KRH) Kencananingrat.

Puteri Indonesia 2014 Elvira Devinamira yang memiliki gelar Kanjeng Raden Ayu (KRA) Mustika Ayuningrum.

Selain mereka, Keisha Alvaro, anak kandung Pasha Ungu, kini bergelar Raden Tumenggung. Lalu, ada Nadia Mulya (Kanjeng Mas Ayu Prawitarukmi) dan Kanjeng Mas Ayu Asmoro Ratri alias Pretty Asmara.

Acara tersebut juga dihadiri Paramitha Rusady yang tahun lalu meraih gelar Kanjeng Mas Ayu. Kali ini Paramitha diwisuda dan memperoleh bintang penghargaan Sri Kabadyo.

Menurut Judika, sebulan lalu dia memperoleh informasi tentang pemberian gelar itu. Dia pun sangat kaget dan mencari tahu alasan keraton Solo tersebut memberinya gelar kebangsawanan. Pelantun lagu Sampai Kau Jadi Milikku itu juga mempelajari proses wisuda dalam rangkaian peresmian gelar tersebut.

Judika menyatakan kerap tampil di keraton Surakarta saat SMA. Ketika tampil di Solo, dia kerap memakai bahasa Jawa. ’’Ini apresiasi karena kami tidak meninggalkan budaya,’’ kata Judika sesuai wisuda di Hotel Kartika Chandra, Jakarta, tersebut.

Kanjeng Pangeran Haryo Adipati Ario Prapto Kusumo selaku ketua panitia wisuda menjelaskan, artis-artis malam itu memang benar-benar terpilih. Ada riset untuk menentukan pemberian gelar.

Keraton memilih artis yang punya prestasi bagus, tidak melakukan hal-hal yang bertentangan dengan adat keraton, dan tidak meninggalkan budaya Indonesia meski telah terkenal hingga ke luar negeri.

TUJUH artis dan seniman diberi gelar kebangsawanan oleh Kasunanan Surakarta pada Kamis malam (26/2). Antara lain Judika Nalon Abadi Sihotang dengan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News