Tip Damai JK Berbalas Honoris Causa

Tip Damai JK Berbalas Honoris Causa
Foto : Tommy C Gutomo/JAWA POS
TOKYO - Wakil Presiden Jusuf Kalla resmi memiliki dua gelar doktor kehormatan (honoris causa) mulai kemarin (2/2). Gelar pertama diberikan Universitas Malaya Malaysia dan yang kedua dianugerahkan oleh Universitas Soka Jepang kemarin.

Wartawan Jawa Pos Tommy C Gutomo dari Tokyo, Jepang melaporkan, gelar doktor kehormatan Universitas Soka diberikan oleh Presiden Soka University Hideo Yamamoto pada sidang senat terbuka di kampus Universitas Soka, Tokyo. Dalam kesempatan itu Kalla berbagi tip bagaimana memelihara sebuah perdamaian melalui orasi ilmiah berjudul Peace dan National Building.

Menurut Jusuf Kalla, Indonesia telah berhasil menyelesaikan berbagai konflik dalam negeri seperti Poso, Aceh, dan Maluku. Selain itu, Indonesia ikut ambil bagian dalam proses perdamaian di sejumlah negara. ''Prinsip yang kami terapkan untuk mencapai perdamaian harus berdialog dan kompromi. Satu pihak saja merasa punya hak veto, sama dengan mengundang kesulitan,'' kata Kalla.

Selain berdialog, antara tokoh-tokoh yang berdialog harus ada yang bersifat personal, memiliki hubungan baik, dan saling percaya. Pihak yang terlibat perundingam, kata Kalla, harus diketahui dengan tepat siapa orangnya, jabatannya, pendidikannya, kawan-kawannya, idenya, dan seberapa jauh kekuatannya.

TOKYO - Wakil Presiden Jusuf Kalla resmi memiliki dua gelar doktor kehormatan (honoris causa) mulai kemarin (2/2). Gelar pertama diberikan Universitas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News