Dianggap Bikin Blunder, Posisi Amien Rais di PAN Terancam

Dianggap Bikin Blunder, Posisi Amien Rais di PAN Terancam
Amien Rais. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - BALI - Serangan halus Amien Rais kepada petahana Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Hatta Rajasa, dala pembukaan Kongres PAN di Bali, Sabtu (1/3) malam, justru dianggap berbuah blunder.

Posisi Amien sebagai Ketua Majelis Pertimbangan PAN terancam digantikan Soetrisno Bachir. Pendiri partai berlambang matahari menuju era reformasi ini dituding sudah tak mengindahkan fatsun politik (etika politik). Hal itu imbas dari sindirannya kepada Hatta.

Analis Politik Puspol Indonesia, Ubedilah Badrun mengatakan, tidak seharusnya Amien Rais melontarkan pidato sindiran kepada Hatta di depan para tamu undangan yang hadir, terlebih di hadapan para petingi Koalisi Indonesia Hebat (KIH) dan Koalisi Merah Putih (KMP) terkait polemik internal PAN.

"Pak Amien Rais mulai kehilangan ke'rais'an nya. Kecerdasan pak Amin biasanya ditampilkan dengan kepiawaiannya untuk tidak memaksakan kehendak dan kepiawaiannya menunjukan sikap kritis dengan memegang teguh fatsun politik, tetapi kali ini saya melihat pak Amien tidak mengindahkan fatsun politik," ungkap Dosen Universutas Negeri Jakarta (UNJ) kepada indopos.co.id (Grup JPNN), Minggu (1/3).

Mantan aktivis pergerakan 1998 yang tergabung dalam Forum Komunikasi Senat Mahasiwa se-Jakarta (FKSMJ) itu menyatakan, etika pilitik seorang ketua MPP itu mengayomi bukan melakukan intervensi subyektif terhadap proses demokrasi dalam pemilihan ketua umum PAN.

"Semoga saja pak Amin kembali ke khitoh fatsun politiknya. Karena bila tidak posisinya sebagai ketua MPP dapat tergantikan," singkat Ubedilah. (aen/indopos/jpnn)


BALI - Serangan halus Amien Rais kepada petahana Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Hatta Rajasa, dala pembukaan Kongres PAN di Bali, Sabtu


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News