Payah! Harga Elpiji 12 Kg dan Pertamax Ikut Naik

Payah! Harga Elpiji 12 Kg dan Pertamax Ikut Naik
Elpiji 12 Kg. Foto: dok.Jawa Pos

jpnn.com - JAKARTA – Setelah harga premium naik Rp 200, produk bahan bakar lainnya seperti pertamax dan pertamax plus ikut diberi label harga baru. Begitu juga elpiji 12 kg, naik sampai Rp 5 ribu per tabung.

Direktur Pemasaran PT Pertamina (Persero) Ahmad Bambang saat dihubungi Jawa Pos (induk JPNN) mengatakan, ada beberapa penyesuaian harga. Itu dilakukan untuk merespons fluktuasi harga minyak dunia yang terjadi saat ini. Jadi, wajar ada kenaikan maupun penurunan harga.

”Nanti masyarakat akan menjadi biasa. Seperti pertamax yang terus berubah seiring perubahan harga MOPS (Mean of Platts Singapore),” jelasnya.

Dia menyadari, perubahan harga untuk beberapa komoditas yang dilakukan serentak membuat kaget masyarakat. Tetapi, itu bagian dari membiasakan masyarakat dengan mekanisme penentuan harga BBM.

Seperti diketahui, pada 1 Januari 2015 pemerintah mengeluarkan regulasi baru soal harga BBM. Terutama untuk premium yang tidak lagi disubsidi dan harganya mengikuti perkembangan minyak dunia. Harga bensin RON 88 itu akan dievaluasi tiap bulan untuk menentukan ada tidaknya perubahan.

Sedangkan pertamax, pertamax plus, dan Pertamina Dex merupakan produk bisnis Pertamina. Perusahaan pimpinan Dwi Soetjipto itu memiliki kewenangan untuk mengatur harga jual sendiri. ”Naiknya bareng dengan premium. Harganya jadi Rp 8.250 per liter,” imbuhnya.

Jadi, produk RON 92 itu mengalami kenaikan yang sama dengan premium, yakni Rp 200 per liter untuk harga di Pulau Jawa. Untuk pertamax plus, ada perubahan harga Rp 400 menjadi Rp 9.450. Perbedaan harga jual terjadi di beberapa wilayah Indonesia.

Misalnya, untuk Bali, harga pertamax dibanderol Rp 8.750 dan pertamax plus Rp 9.350 per liter. Di Kota Medan premium dijual Rp 9.300 dan pertamax plus Rp 10.250. ”Tren harga minyak memang naik dalam beberapa waktu terakhir,” ungkap Abe, sapaan akrab Ahmad Bambang.

JAKARTA – Setelah harga premium naik Rp 200, produk bahan bakar lainnya seperti pertamax dan pertamax plus ikut diberi label harga baru. Begitu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News