Beri Rp 1,5 Miliar untuk Bantu Promosi Wisata

Beri Rp 1,5 Miliar untuk Bantu Promosi Wisata
Ilustrasi. FOTO: ist

jpnn.com - BANYUWANGI - Kementerian Pariwisata tahun ini mendukung promosi pariwisata Banyuwangi dengan memberikan dana Rp 1,5 miliar. Dana itu akan difokuskan untuk mempromosikan Banyuwangi Festival 2015, terutama pada atraksi wisata yang berskala besar. Misalnya, Festival Gandrung Sewu, International Tour de Banyuwangi Ijen, dan Banyuwangi Ethno Carnival.

"Kami berterima kasih kepada Pak Arief Yahya yang terus mendukung pengembangan pariwisata daerah. Pariwisata ikut membantu menggerakkan ekonomi Banyuwangi, bahkan sektor ini lebih cepat mendatangkan perputaran ekonomi dibanding sektor lain seperti industri," ujar Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Minggu (1/3).

Sebelumnya, saat peluncuran Banyuwangi Festival 2015, Sabtu (28/2), Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, kementeriannya akan membantu promosi atraksi wisata yang bisa menaarik perhatian wisatawan dalam skala besar, baik wisatawan asing maupun domestik.

Arief memuji inisiatif Banyuwangi yang dalam tiga tahun terakhir rutin menghelat berbagai atraksi wisata melalui Banyuwangi Festival. 

Semakin banyak daerah punya inisiatif menghadirkan atraksi wisata, pengembangan dunia pariwisata nasional bakal semakin cepat.

Banyuwangi Festival adalah agenda wisata tahunan yang digelar sejak 2012. Dalam setahun, terdapat lebih dari 30 event wisata, mulai wisata budaya hingga wisata olahraga (sport tourism).

Namun, Arief menyadari bahwa promosi masih menjadi kendala. Tidak hanya bagi daerah, pemerintah pusat juga mempunyai banyak keterbatasan dalam upaya melakukan promosi. Saat ini memang ada sarana promosi melalui media sosial yang pada dasarnya cukup murah bahkan gratis, namun tetap dibutuhkan tim yang kuat dengan biaya yang tak sedikit. 

Adapun promosi iklan baik di media maupun iklan luar ruang juga memerlukan biaya. Demikian pula aktivasi melalui event di berbagai tempat publik butuh biaya yang tak murah.

BANYUWANGI - Kementerian Pariwisata tahun ini mendukung promosi pariwisata Banyuwangi dengan memberikan dana Rp 1,5 miliar. Dana itu akan difokuskan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News