Hari Ini Pegawai KPK Gelar Aksi

Hari Ini Pegawai KPK Gelar Aksi
Save KPK. Foto: ilustrasi/dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Keputusan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melimpahkan kasus Komjen Budi Gunawan ke Kejagung, juga memantik reaksi dari kalangan internal pegawai lembaga antirasuah itu.

Rencananya, hari ini (3/3) para pegawai akan mengadakan aksi pernyataan sikap.

’’Kami akan menyatakan sikap dan penandatanganan terkait keputusan yang dibuat pimpinan tadi,’’ ujar salah seorang pegawai di bagian pengaduan masyarakat (dumas) yang tak mau disebutkan namanya, seperti dilansir Jawa Pos online (induk JPNN).

Kabag Pemberitaan KPK Priharsa Nugraha menyatakan, berdasar informasi dari para pegawai, aksi itu dilakukan karena ketidaksetujuan terhadap putusan KPK.

’’Mengenai detail apa keberatan dari para pegawai, saya belum tahu. Inti yang saya dengar terkait keputusan yang ada dalam konpres tadi (kemarin) siang,’’ ujar mantan jurnalis tersebut.

Informasi yang dihimpun menyebutkan ada tiga tuntutan yang disuarakan para pegawai KPK. Pertama, mereka menolak keras putusan Plt pimpinan KPK yang melimpahkan kasus BG ke kejaksaan.

Kedua, mereka meminta Plt mengajukan upaya hukum PK atas putusan praperadilan kasus BG seperti yang dilakukan pimpinan sebelumnya (Bambang dan Samad). Terakhir, pegawai meminta pimpinan menjelaskan secara terbuka strategi pemberantasan korupsi yang saat ini dilakukan para Plt pimpinan.

Para pegawai pantas kecewa karena selama ini mereka telah pasang badan terhadap upaya pelemahan KPK, yang terjadi pasca penetapan BG sebagai tersangka. Bahkan, ketika kondisi memanas, sesaat setelah penangkapan Bambang Widjojanto, para pegawai rela bergantian tidur di gedung KPK untuk melakukan penjagaan.

JAKARTA - Keputusan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melimpahkan kasus Komjen Budi Gunawan ke Kejagung, juga memantik reaksi dari kalangan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News