BUMDes Layak Kelola Bisnis Air Bersih di Desa

BUMDes Layak Kelola Bisnis Air Bersih di Desa
BUMDes Layak Kelola Bisnis Air Bersih di Desa

jpnn.com - JAKARTA- Menteri Desa, Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT) Marwan Jafar mengatakan, pemanfaatan sumber daya air oleh desa paling tepat melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Sebab, BUMDes adalah lembaga usaha yang dikelola bersama oleh masyarakat dan pemerintah desa dalam upaya memperkuat perekonomian.

"Melalui BUMDes dapat dikelola sumber daya air yang ada di desa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat setempat terhadap air bersih untuk minum, masak, mandi, mencuci, dan sebagainya. Semuanya diatur dan didistribusikan secara murah, adil dan merata," terang Marwan di Jakarta, Selasa (3/3).

Nantinya, setelah mencukupi kebutuhan pokok warga desa, BUMDes dapat memanfaatkan stok air bersih yang ada sebagai komoditas bisnis bagi keperluan industri desa.

Selain itu, stok air bersih juga bisa dijual untuk memenuhi kebutuhan warga desa lainnya yang kekurangan. Dengan begitu, BUMDes bisa mendapatkan keuntungan lebih besar.

"Bisnis air bersih tidak sulit dikerjakan oleh BUMDes dan prospeknya bagus, karena kebutuhan masyarakat terhadap air bersih terus meningkat seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk dan berkembangnya kegiatan usaha produktif di desa-desa," tegas Marwan. (gir/jpnn)

 


JAKARTA- Menteri Desa, Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT) Marwan Jafar mengatakan, pemanfaatan sumber daya air oleh desa paling


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News