Penyebaran AIDS di Indonesia Tercepat di Dunia, Penderita Urutan Ke-3

Penyebaran AIDS di Indonesia Tercepat di Dunia, Penderita Urutan Ke-3
Penyebaran AIDS di Indonesia Tercepat di Dunia, Penderita Urutan 3. Foto JPNN.com

jpnn.com - SURABAYA – Sebagai negara dengan iklim tropis, di Indonesia berkembang berbagai macampenyakit infeksi dari yang biasa hingga yang mematikan.

Inilah yang menyebabkan penyakit infeksi mendominasi diderita masyarakat sehari-hari.

Kepala Rumah Sakit Khusus Infeksi Universitas Airlangga (RSKI-Unair), Prof Dr Boerhan dr SpA(K) mengatakan bahwa sebagian penyakit infeksi ini masuk ke dalam program Millenium Development Goals (MDGs).

Namun sampai saat ini kasusnya masih tinggi. Di antaranya yang tertinggi adalah HIV/AIDS, tuberkolosis (TB), dan malaria.

“Tiga penyakit tersebut menjadi target dari MDGs, tapi sampai saat ini penanganan dan program mengurangi kasus dan korban penyakit ini belum menunjukkan hasil yang positif,” kata Boerhan seperti yang dilansir Radar Surabaya (Grup JPNN.com), Selasa (3/3).

Untuk penyakit AIDS (Acquired Immuno Deficiency Syndrome) yang disebabkan infeksi HIV (Human Immunodeficiency Virus) yang menyebabkan hilangnya kekebalan tubuh sehingga penderita mudah terjangkit penyakit infeksi Indonesia berada pada posisi nomor tiga sedunia untuk jumlah penderitanya, dan Indonesia juga menjadi negara dengan persebaran HIV/ AIDS tercepat di dunia.

Jika sampai akhir tahun 2015 target tidak tercapai atau jumlahnya tidak menurun maka HIV/AIDS bukan lagi masuk target MDGs, tapi menjadi Suistanable Development Goals.

Pada September 2014, jumlah kumulatif HIV yang dilaporkan sebanyak 150.296 orang dan AIDS 55.799 orang.

SURABAYA – Sebagai negara dengan iklim tropis, di Indonesia berkembang berbagai macampenyakit infeksi dari yang biasa hingga yang mematikan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News