Jelang Eksekusi Mati, Nusakambangan Aman

Jelang Eksekusi Mati, Nusakambangan Aman
Kadiv Humas Polri Irjen Ronny Franky Sompie. Foto: Dokumen JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Polri menegaskan tidak ada ancaman yang mengganggu keamanan jelang eksekusi narapidana mati di Lapas Nusa Kambangan, Cilacap, Jawa Tengah. Namun demikian, Polri tetap melakukan antisipasi.

"Belum ada ancaman terhadap ataupun yang akan mengganggu. Tapi antisipasinya harus sudah dilaksanakan," kata Kadiv Humas Polri Irjen Ronny Franky Sompie, Rabu (4/3).

Soal penambahan kendaraan taktis di dermaga penyeberangan menuju Lapas Nusa Kambangan, itu nanti tergantung pendeteksian dari Polda setempat apakah hal itu diperlukan atau tidak.

Sebab, Polda yang mengetahui kondisi di lapangan. Nah, kata Ronny, Polda nantinya pasti melapor ke Kakorbrimob atau Kabaharkam jika membutuhkan tenaga ekstra untuk bantuan.

"Di sini (Mabes Polri) stok pasukan banyak," tegasnya.

Sampai saat ini, pasukan Brimob Polda sudah dikirim ke Nusa Kambangan. "Kita kirim Brimob untuk pengamanan," tegasnya.

Sementara, Kejaksaan Agung menegaskan tetap mengaju pada Keputusan Presiden yang menolak grasi untuk mengeksekusi para terpidana mati.  Meskipun, sejumlah narapidana jelang eksekusi mati malah mengajukan Peninjauan Kembali.

"Acuan kami tetap kepada Keppres yang menolak grasi para terpidana mati," tegas Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung Tony Tribagus Spontana, Rabu (4/3).

JAKARTA - Polri menegaskan tidak ada ancaman yang mengganggu keamanan jelang eksekusi narapidana mati di Lapas Nusa Kambangan, Cilacap, Jawa Tengah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News