Wow! Balikpapan atau Paris jadi Kota Paling Dicintai di Dunia

Wow! Balikpapan atau Paris jadi Kota Paling Dicintai di Dunia
Salah satu sudut Kota Balikpapan, Kaltim. Foto: Istimewa

jpnn.com - BALIKPAPAN terpilih sebagai salah satu dari tiga kota di Indonesia yang mengikuti Earth Hour City Challenge (EHCC). Ini merupakan tantangan bagi setiap daerah untuk mendukung gaya hidup ramah lingkungan dan hemat energi yang dimotori World Wildlife Fund (WWF) Global. Total 44 kota di seluruh dunia bersaing dalam ajang ini. Di dalam negeri, Kota Minyak bersaing dengan Semarang dan Jakarta.

Kasubid Analisa dan Evaluasi sekaligus Plt Kabid Pencegahan Dampak Lingkungan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Balikpapan Nursyamsiarni D Larose menjelaskan, EHCC merupakan program International Council for Local Environmental Initiatives (ICLEI).

"Balikpapan sebagai finalis EHCC National Capital, maka diminta untuk melakukan kampanye We Love Cities dengan metode polling secara online melalui voting pada laman www.welovecities.org/balikpapa n dan media sosial Facebook, Instagram, dan Twitter dengan hashtag #WeLoveBalikpapan," ujarnya bersemangat.

Tujuan berjalannya program ini ialah agar warga Balikpapan bisa mencintai kotanya sendiri. Ada empat aspek tematik yang menjadi tujuan We Love Cities. Yakni di bidang energi, limbah, transportasi, dan green building. Ketika melakukan voting, masyarakat akan diajukan beberapa pertanyaan seputar program lingkungan dari pemerintah kota.

Sehingga secara tidak langsung program ini mengajak masyarakat Balikpapan mencintai lingkungan. Contohnya di bidang energi dan transportasi, pihaknya mengajak warga naik bus agar menghemat energi dan mengurangi kemacetan.

Untuk sementara Balikpapan menempati urutan kedua dengan vote terbanyak, sekitar 1.100 vote. Perolehan suara Balikpapan masih di bawah Paris. Jadi, di luar warga Kota Minyak juga bisa menjadi voters Balikpapan.(*/jib/*/rsh/rom/k9)


BALIKPAPAN terpilih sebagai salah satu dari tiga kota di Indonesia yang mengikuti Earth Hour City Challenge (EHCC). Ini merupakan tantangan bagi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News