Tol Trans Sumatera Butuh Dana Rp 58 Triliun

Tol Trans Sumatera Butuh Dana Rp 58 Triliun
Tol Trans Sumatera Butuh Dana Rp 58 Triliun

jpnn.com - JAKARTA--Pemerintah menyiapkan dana sebesar Rp 58 triliun untuk pembangunan tol Trans Sumatera yang akan mulai digarap  April mendatang.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan, pengerjaan proyek ini akan melibatkan konsorsium BUMN.

"Total anggaran sekitar 58 triliun, nah ini makanya ada konsorsium BUMN yang melaksanakan itu. Melalui PMN juga dengan pinjaman lunak dari kemenkeu dan akan membentuk bank infrastruktur agar bisa dipakai untuk mempercepat pembangunan," ujar Basuki di kantor kepresidenan, Jakarta, Kamis (5/3).

Menurutnya dalam rangka pembangunan tol Sumatera ini ada Perpres nomor 100 tahun 2014  yang menugaskan perusahaan BUMN Hutama Karya untuk melaksanakan pembangunan. Dari hasil rapat dengan presiden ia mengungkapkan bahwa ada 4 ruas tol yang ditugaskan kepada Hutama Karya.  Di antaranya tol Medan-Binjai sepanjang 16 kilometer, tol Palembang-Indralaya sepanjang 22 kilometer, tol Bakaheuni - Terbanggi Besar sepanjang 138 kilometer dan tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 135 kilometer.

"Medan-Binjai sudah digroundbreaking oleh Bapak Presiden bulan lalu dan sudah berprogres dari 16 kilo yang di lapangan sudah sepanjang 2 km.  Ini direncanakan akan bisa beroperasi tahun 2016," ujar Basuki.

Sedangkan untuk tol Palembang-Indralaya, kata dia, pembebasan lahannya sudah diselesaikan dan akan segera ditindaklanjuti pelaksanaannya bersama pemda. Rencananya,  untuk tol tersebut akan diselesaikan pada tahun 2018 sebelum pelaksanaan Asian Games.

"Hanya ada sedikit diskusi tentang konstruksinya karena di situ rawa-rawa jadi pastinya akan ada kontruksi khusus untuk itu supaya bisa safety dan juga ekonomisnya," ujar Basuki.

Sementara itu, papar Basuki, untuk  tol Bakaheuni-Terbanggi Besar direncanakan akan groundbreaking pada bulan April. Untuk pembebasan lahan Pemda Lampung telah melakukan sosialisasi pada masyarakat.

JAKARTA--Pemerintah menyiapkan dana sebesar Rp 58 triliun untuk pembangunan tol Trans Sumatera yang akan mulai digarap  April mendatang. Menteri

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News