Kapal Bodong Pakai Bendera Indonesia untuk Tipu Petugas

Kapal Bodong Pakai Bendera Indonesia untuk Tipu Petugas
ilustrasi kapal. dok jpnn

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti menyebut banyak kapal eks asing yang berstatus bodong atau kepemilikannya tidak sesuai dengan data yang sebenarnya.

Tak main-main, Susi menyebut ada sekitar 1.132 kapal eks asing. Karena itu, bos maskapai Susi Air tersebut bakal berusaha untuk menertibkannya.

"Banyak sekali eks kapal-kapal asing itu yang nggak kelacak dan kepantau lagi karena lautan kan sangat luas. Kalau dicek kepemilikannya, semua bermasalah. Banyak yang bodong," beber Susi saat menggelar jumpa pers di kantornya, Jakarta, Kamis (5/3).

Untuk mengelabui petugas agar terus bisa beroperasi di tanah air, kapal-kapal bodong tersebut kerap menggunakan bendera Indonesia. Nantinya tidak hanya kapal eks asing yang bakal ditertibkan. KKP juga bakal mengecek kepemilikan kapal perikanan.

"Di sini kapal banyak berbendera Indonesia itu bohong-bohong semua. 99 persennya itu sudah tidak mungkin lagi melaut di Indonesia. Itu bodong semua karena tidak bayar pajak dan lain-lain. Kita akan publish 187 owner baik PT atau nama pribadi. Nanti kita akan publish hasilnya," tegas Susi. (chi/jpnn)

JAKARTA - Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti menyebut banyak kapal eks asing yang berstatus bodong atau kepemilikannya tidak sesuai


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News