Tips Mengatasi Susah Tidur

Tips Mengatasi Susah Tidur
Ilustrasi

jpnn.com - TAK sedikit orang yang mengalami kesulitan tidur, hanya membolak-balikkan tubuh selama berjam-jam sebelum akhirnya tertidur dengan gelisah. 

Hal ini bisa menyebabkan frustasi, karena kurang jam tidur bisa membuat Anda merasa lelah dan suka marah-marah pada keesokan harinya.

Sering kurang tidur juga bisa menyebabkan sejumlah masalah kesehatan, karena itu dianjurkan bagi orang dewasa untuk mendapatkan tidur berkualitas selama 7 jam pada malam hari. Namun tak perlu khawatir, karena ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kemampuan Anda bisa tertidur lebih cepat baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang, salah satunya adalah dengan seks.

"Seks adalah obat penenang tertua di dunia. Semakin sering Anda melakukan seks, maka semakin mudah Anda untuk tidur," kata editor of My Menopause Magazine dan professor at University of Massachusetts Medical School, Mache Seibel, MD, seperti dilansir laman Yahoo Health, Kamis (5/3).

"Selama melakukan aktivitas seksual, oksitosin dilepaskan melalui pelukkan, stimulasi seksual dan orgasme yang dapat meningkatkan perasaan tenang, aman dan turunnya kortisol, keduanya merupakan prasyarat untuk mengoptimalkan tidur. Selama orgasme, ada juga peningkatan pelepasan prolaktin yang mengakibatkan Anda mengantuk berat yang tentunya membantu Anda tertidur lebih cepat dan lebih efisien," kata Seibel lebih lanjut.

Berikut beberapa tips lain agar Anda mudah tidur.

1. Mandi air hangat.

"Mandi air panas dapat merelaksasikan otot dan melebarkan pembuluh darah," kata Seibel.

TAK sedikit orang yang mengalami kesulitan tidur, hanya membolak-balikkan tubuh selama berjam-jam sebelum akhirnya tertidur dengan gelisah. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News