Ade Komarudin Cs Siap Mundur dari Pimpinan Fraksi Golkar DPR

Ade Komarudin Cs Siap Mundur dari Pimpinan Fraksi Golkar DPR
Ade Komarudin. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Fraksi Golkar DPR, Ade Komarudin dan sekretaris fraksi Bambang Soesatyo, menyatakan siap melepaskan jabatannya di fraksi bila kubu hasil Munas Ancol yang dipimpin Agung Laksono dinyatakan sebagai pengurus DPP Golkar yang sah secara hukum.

Ini disampaikan Ade Komarudin dalam konferensi pers di ruang fraksi Golkar DPR, Jumat (6/3), menanggapi ancaman Indra J Piliang yang menyatakan jika Munas Golkar Ancol menang, maka ketua fraksi Golkar DPR, beserta AKD dan pimpinan fraksi Golkar MPR akan dicopot dari jabatannya.

"Apabila proses hukum telah berkekuatan hukum tetap dan Ancol dinyatakan sebagai pihak yang sah secara hukum, tidak perlu repot-repot memberhentikan kami. Kami dengan sadar dan ikhlas akan mengundurkan diri sebagai pimpinan fraksi. Saya dan Mas Bambang serta pimpinan fraksi lain akan jadi anggota fraksi saja," kata Ade.

Ade menyebutkan, bila mereka tidak mundur dari posisi pimpinan fraksi, mereka khawatir akan memicu fitnah dan disebut sebagai pengkhianat. Menurutnya, jabatan yang diembannya kini merupakan amanah yang tidak selamanya bisa dijabat.

"Sebaliknya bila pihak Munas Bali telah definitif secara hukum, ya sama juga. Kami di sini perpanjangan tangan partai, dan kami selalu loyal pada keputusan partai yang sah," tegasnya.

Menurut Ade, sikap ini mereka sampaikan sebagai cara untuk menjaga sikap dan integritas sebagai politisi, dimana nilai-nilai kesetiaan dan kepatuhan terhadap nilai-nilai kebenaran haruslah menjadi pondasi utama.

Namun, dia mengingatkan saat ini pihak Ancol wajib mematuhi dan menghormati semua proses hukum yang sedang berlangsung. Sebab, kubu Munas Bali saat ini sedang mengajukan gugatan baru ke PN Jakarta Barat.

"Indonesia adalah negara hukum, bukan negara kekuasaan. Biarkan hukum menjalankan suatu fungsinya yaitu mengembalikan masyarakat yang sedang berkonflik kepada keadaan semula," jelasnya.

JAKARTA - Ketua Fraksi Golkar DPR, Ade Komarudin dan sekretaris fraksi Bambang Soesatyo, menyatakan siap melepaskan jabatannya di fraksi bila kubu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News