Terancam Hilang, Dua Pulau di Batam Diusulkan jadi Pulau Terluar

Terancam Hilang, Dua Pulau di Batam Diusulkan jadi Pulau Terluar
Salah satu pulau terluar di Provinsi Kepri. foto dok batampos/JPNN.com

jpnn.com - BATAM - Dua pulau di bagian utara Batam, Kepulauan Riau, yang letaknya berbatasan dengan Singapura yakni Karang Helen Mars dan Karang Banteng, diusulkan masuk pulau terluar. Di mana kondisinya kini sudah semakin memprihatinkan karena tergerus ombak atau abrasi. Dengan masuk menjadi pulau terluar maka dua pulau ini akan terselematkan dengan anggaran dari pemerintah.

Walikota Batam Ahmad Dahlan mengatakan jika sudah ada pengakuan sebagai pulau terluar dari pusat, maka akan bisa segera dianggarkan untuk reklamasi, untuk mempertahankan pulau tersebut. Karena jika abrasi terus terjadi maka  ada kemungkinan dua pulau tersebut akan hilang.

"Sekarang kondisinya rentan hilang akibat abrasi. Makanya kita minta pemerintah pusat bisa memasukkannya menjadi pulau terluar. Pulau itu sudah butuh reklamasi," kata Dahlan.

Dahlan mengatakan  Karang Helen Mars dan Karang Banteng terletak di tengah laut dengan gelombang tinggi dan arus kencang. Letak dua pulau itu, berhadapan dengan Singapura. Jika dua pulau ini mendapat pengakuan dari pusat maka pulau terluar di Batam jumlahnya menjadi enam unit yakni Pulau Pelampong, Pulau Nipa, Pulau Putri dan Pulau Batu Beranti.

Sementara Kepala Badan Pengelolaan Perbatasan dan Pertanahan Batam, Aspawi, mengatakan, dua pulau karang atau atol itu memang sudah diusulkan masuk pulau terluar. Ini juga akan menjadi daya tarik tersendiri untuk Batam.?

Menurut Aspawi, ketika ini ditetapkan jadi pulau terluar, maka kedua pulau itu akan mendapat perhatian pemerintah pusat. "Kalau tak ditetapkan jadi pulau terluar, dikhawatirkan hilang. Hilang kalau tidak terurus," imbuh Aspawi.

Aspwai mengatakan bahwa jika sudah masuk menjadi pulau terluar, pemerintah pusat akan memberikan perhatian. Ia mengatakan bahwa  Saat ini, di dua pulau itu sudah terpasang mercusuar. Tapi sebelumnya, kita minta untuk direklamasi dulu. Kalau menunggu ditetapkan dulu jadi pulau terluar, keburu hilang," imbuhnya.(jpnn)


BATAM - Dua pulau di bagian utara Batam, Kepulauan Riau, yang letaknya berbatasan dengan Singapura yakni Karang Helen Mars dan Karang Banteng, diusulkan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News