Satu Dekade Hugo Chavez Memimpin Venezuela

Ubah Nasib Kaum Papa, Remaja DO Jadi Produser Televisi

Satu Dekade Hugo Chavez Memimpin Venezuela
Foto : AP
Sepuluh tahun bukan rentang waktu yang panjang dalam perjalanan sebuah bangsa. Tapi, Presiden Venezuela Hugo Chavez berhasil menjadikan satu dekade kepemimpinannya bermakna. Kemarin (2/2), bersama seluruh rakyat Venezuela, Chavez memperingati hari jadi pemerintahannya.

----

JIKA ditanya perubahan nyata apa yang ditorehkan Chavez di negara berpenduduk lebih dari 28 juta jiwa itu, jawabannya hanya satu: Mengentaskan kaum papa dari kubangan kemiskinan. Selama satu dasa warsa memerintah, pemimpin 54 tahun itu menggelontor masyarakat miskin dengan sejumlah besar program sosial. Mulai dari pemberantasan buta aksara, pemerataan kesehatan hingga pelosok desa dengan mendatangkan dokter Kuba, perbaikan gizi cuma-cuma hingga beras murah bersubsidi. Dia sendiri menyebut program-program tersebut misi.

Kisah Jose Luis Ramirez menjadi contoh konkret keberhasilan misi Chavez. Bapak enam anak itu tidak pernah membayangkan kehidupannya akan berubah drastis dalam waktu 10 tahun. Terutama sejak dia menjadi melek aksara setelah mengikuti program bebas buta huruf dan menekuni pelatihan TV. "(Sekarang) saya dianggap sebagai pemimpin dalam komunitas," ujar pria yang terpaksa putus sekolah saat berusia 13 tahun itu, seperti dilansir The Christian Science Monitor.

Sepuluh tahun bukan rentang waktu yang panjang dalam perjalanan sebuah bangsa. Tapi, Presiden Venezuela Hugo Chavez berhasil menjadikan satu dekade

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News