Ini Para Anak Buah Komjen BG yang Naik Jabatan

Ini Para Anak Buah Komjen BG yang Naik Jabatan
Komjen Pol Budi Gunawan. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA  - Beberapa anak buah Komjen Budi Gunawan di Lembaga Pendidikan Polri (Lemdikpol) naik jabatan.

Salah satunya Kombes Victor Edi Simanjuntak, yang sebelumnya direkomendasikan Ombudsman mendapatkan sanksi karena kasus penangkapan Bambang Widjojanto.
      
Promosi jabatan Victor itu tertuang dalam telegram rahasia nomor ST/494/III/2015. Victor yang sebelumnya menjabat Kabag Kermadiklat Robindiklat Lemdikpol itu mendapatkan promosi menjadi Dirtipideksus Bareskrim Polri. Di jabatan barunya, dia menjadi anak buah Komjen Budi Waseso.
      
Bukan hanya Victor, dalam telegram rahasia itu juga terdapat belasan mutasi polisi di lingkungan Lemdikpol. Rata-rata mereka mendapatkan promosi jabatan. Seperti misalnya Brigjen Musyafak yang sebelumnya menjabat Karokurlum Lemdikpol promosi menjadi Wakapolda Jateng. Begitu juga Kombes Erwin Triwanto, Kabag Jiansosmas Bid STIK Lemdikpol promosi sebagai Kapolda DIY.
      
Khusus mutasi Victor, sejumlah pihak angkat bicara. Termasuk Ombudsman RI yang sebelumnya merekomendasikan sanksi pada Victor. Seperti diketahui, Victor termasuk yang mendapatkan rekomendasi agar disanksi karena terlibat dalam penangkapan pimpinan KPK nonaktif, Bambang Widjojanto.
      
Victor dinilai layak disanksi karena saat penangkapan Bambang dia tidak dalam posisi sebagai anggota Bareskrim dan tidak tercantum dalam surat tugas. Wakil Ketua Ombudsman bidang penyelesaian laporan, Budi Santoso mengatakan, pihaknya akan terus memonitor rekomendasi atas kasus mal administrasi yang terjadi dalam penangkapan Bambang.
      
"Mutasi itu memang wewenang mereka, tapi dari sisi logika sangat disayangkan. Yang melakukan mal administrasi justru mendapatkan promosi," ujar Budi, kemarin (6/3). Menurut dia, mutasi terhadap Victor tidak masuk akal.
      
Budi mengaku akan memonitor terus sejauh mana Polri melaksanakan rekomendasi Ombudsman. Polri memiliki waktu 60 hari untuk melaksanakan rekomendasi tersebut. Jika tidak dilaksanakan maka Ombudsman akan lapor ke Presiden.
      
Sebenarnya rekomendasi Ombudsman juga sudah ditembuskan ke Presiden, Komisi II dan III DPR serta Bambang Widjojanto sebagai pelapor. "Kami akan sampaikan dalam laporan khusus ke Presiden. Namun kita tunggu 60 hari dulu," tegas Budi.
      
Kompolnas khawatir mutasi itu diwarnai dengan intervensi pihak tertentu. Komisioner Komponlas, M. Nasser mengatakan, idealnya mutasi yang melibatkan eselon I Polri dibawa ke tingkat peneletian jajaran pejabat di eselon I. Sayangnya, Kompolnas tidak bisa melangkah lebih jauh. Dalam prakteknya mereka biasanya hanya bisa menanyakan kalau ada mutasi yang diadukan pihak tertentu.
      
Polri sendiri melihat mutasi itu hal biasa. Kabiro Penerangan Masyarakat Humas Polri Brigjen Agus Rianto menampik rotasi itu karena intervensi tertentu. "Ini bukan kejadian yang luar biasa. Biasa saja, hanya penyegaran," ujar Agus. (gun/sof)

Ini anak buah Budi Gunawan yang naik pangkat:
1. Brigjen Anton Charliyan, Karobindiklat Lemdikpol menjadi Kadiv Humas Mabes Polri
2. Kombes Victor Edi Simanjuntak, Kabag Kermadiklat Robindiklat Lemdikpol menjadi Dirtipideksus Bareskrim Polri
3. Brigjen Musyafak, Karokurlum Lemdikpol menjadi Wakapolda Jateng
4. Kombes Erwin Triwanto, Kabag Jiansosmas Bid STIK Lemdikpol menjadi Kapolda DIY
5. Brigjen Yohanes Bernandus, Waket Bid STIK Lemdikpol menjadi Karobinops Bareskrim Polri
6. Kombes Widodo Eko Prihastopo, Kaprodi S2 Ditprog Pasca Sarjana STIK Lemdikpol menjadi Irbid Jemenopsnal I
7. Kombes Victor Edi Simanjuntak, Kabag Kermadiklat Robindiklat Lemdikpol menjadi Dirtipideksus Bareskrim Polri
8. Irjen Sadar Sebayang, Widyaiswara Utama menjadi Kasespim Polri

 


JAKARTA  - Beberapa anak buah Komjen Budi Gunawan di Lembaga Pendidikan Polri (Lemdikpol) naik jabatan. Salah satunya Kombes Victor Edi Simanjuntak,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News