Bikin Ngiler...Pesta Durian Merah, Gratis

Bikin Ngiler...Pesta Durian Merah, Gratis
Salah satu tim penilai menunjukkan varietas durian merah yang telah disilangkan dengan durian lokal di Rumah Makan Pondok Indah, Kecamatan Glagah, Banyuwangi, Sabtu (7/3). Foto: Galih Cokro/Jawa Pos Radar Banyuwangi

jpnn.com - PESTA durian dari berbagai jenis berlangsung di Rumah Makan Pondok Indah, Kecamatan Glagah, Banyuwangi, Sabtu (7/3). Seluruh durian itu disajikan gratis di acara diskusi terbuka tentang durian merah asal Banyuwangi.

Bukan hanya durian lokal berbuah kuning, beberapa varietas durian merah turut disajikan. Buah-buah tersebut dijajar di atas meja.

Durian merah itu kemudian menjadi tester yang dicicipi beberapa penguji dari komunitas hortikultura dan perwakilan Kementerian Pertanian (Kementan).

Setelah acara dimulai dengan pengenalan durian merah oleh beberapa pakar, para pencinta durian (durian lovers) yang tidak sabar langsung menyerbu buah berduri tersebut.

Para pencinta dari berbagai macam usia itu memilih durian dengan cara masing-masing. Sebagian yang mengetahui durian bagus langsung mengambil dan membukanya.

Para pencinta yang datang dari Medan, Jakarta, maupun Malaysia dan Brunei lebih memilih mencicipi durian merah. Meski tidak bisa mencoba banyak karena jumlahnya terbatas, mereka mengaku puas dengan durian merah yang dihidangkan.

”Rasanya enak. Warna dagingnya unik dan tidak terlalu tajam. Tetapi, kalau mau laku diekspor, harus lebih pahit,” kata Abdul Aziz, pencinta durian asal Malaysia.

Sementara itu, Eko Mulyanto, ketua Pusat Penelitian dan Pengembangan Durian Merah Banyuwangi, mengatakan bahwa diskusi tersebut diadakan untuk menyamakan persepsi dari komunitas pencinta durian nasional dan internasional.

PESTA durian dari berbagai jenis berlangsung di Rumah Makan Pondok Indah, Kecamatan Glagah, Banyuwangi, Sabtu (7/3). Seluruh durian itu disajikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News