Menyedihkan.. Warga Desa Ini Krisis Air Bersih Selama 5 Tahun

Menyedihkan.. Warga Desa Ini Krisis Air Bersih Selama 5 Tahun
Menyedihkan.. Warga Desa Ini Krisis Air Bersih Selama 5 Tahun

jpnn.com - BONBOL - Dalam kurun waktu lima tahun terakhir, warga Desa Longalo, Kecamtan Bulango Utara, Kabupaten Bonebolango krisis air bersih. Ini buntut fasilitas Mandi Cuci Kaki (MCK) yang dibangun oleh pemerintah setempat di wilayah tersebut sudah tidak berfungsi lagi.

Sehingga, untuk kebutuhan mandi, cuci kain bahkan minum, warga  setempat yang berjumlah 267 Kepala Keluarga (KK) terpaksa harus menggunakan air sungai Bulango.

Pantauan Gorontalo Post (JPNN Group), di hampir semua rumah warga Desa Longalo tidak ada sumur gali untuk menimba air maupun sumur suntik. Di desa tersebut hanya ada fasilitas Penampung Air Bersih (PAB) yang dibangun sejak tahun 2012 dan MCK yang dibangun tahun 2004.

Namun, kedua fasilitas air bersih itu pemanfaatanya tidak berlangsung lama setelah dibangun. Kondisi MCK maupun PAB saat ini hanya sudah mulai usang dan seolah tidak ada tanda-tanda kehidupan lagi.

Untuk mengambil air minum, warga setempat harus menempuh jarak sekitar 800 meter ke sungai. Risky (19) mengatakan, PAB yang berada di semua tempat yang berada di desa Longalo tidak ada satupun yang bisa mengeluarkan air seperti biasanya. Sehingga para warga yang tinggal di dusun ini hanya mencari air minum sejauh 800 meter di sungai.

"Kalau di sungai itu kami membuat lubang kecil seukuran drum pelumas Pertamina. Biasanya drum tersebut kami potong separuhnya dan separuhnya kami tanam untuk menahan agar lubang yang kami bikin itu tidak longsor atai dimasuki serangga. Air yang dari sumur kecil itu dimanfaatkan untuk air minum,"kata Risky.

Lalu bagaimana jika mandi dan buang kotoran? Dengan polos, Risky mengaku melakukan hal itu di air sungai yang mengalir. Kepala Desa Longalo Sarton Supu saat diwawancarai mengatakan, fasilitas PAB di Desa Longalo masih berfungsi normal. Hanya diakui Sarton Supu, sumber air PAB berasal dari gunung tidak maksimal. Hal ini disebabkan debit airnya masih kurang.

"Saya selaku ayahanda Desa Longalo berupaya agar warga sudah tidak akan kesulitan lagi air bersih. Sebab tahun 2015 ini sudah ada anggaran untuk pembangunan jaringan instalasi PDAM di Desa longalo sebagaimana janji Pemkab Bonbol,"kata Sarton Supu. Untuk itu Sarton Supu berharap semoga janji Pemda itu dapat direalisasikan. Sebab sudah berkali-kali sosialisasi tentang pembangunan instalasi PDAM di Desa Longalo,  Namun sampai detik ini belum terlaksana. (Tr-37/jos/jpnn)


BONBOL - Dalam kurun waktu lima tahun terakhir, warga Desa Longalo, Kecamtan Bulango Utara, Kabupaten Bonebolango krisis air bersih. Ini buntut fasilitas


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News