Bangun Jalur KA di Luar Jawa Butuh Rp 234 Triliun

Bangun Jalur KA di Luar Jawa Butuh Rp 234 Triliun
Stasiun Kereta Api. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Hermanto Dwiatmoko menyebut pihaknya membutuhkan dana sekitar Rp 234 triliun untuk membangun jalur kereta api (KA) di luar Pulau Jawa.

Pembangunan jalur KA di luar Pulau Jawa merupakan program prioritas Kemenhub hingga lima tahun mendatang.

"Kami sudah melakukan evaluasi untuk kebutuhan selama lima tahun ke depan kurang lebih Rp 234 triliun. Ini sebagian besar untuk membangun jalur kereta di luar Pulau Jawa," ujar Hermanto di Gedung Kemenhub, Jakarta, Senin (9/3).

Dana tersebut nantinya murni bakal menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) dan tidak melibatkan pihak swasta. Mengingat dalam proyek tersebut tidak mendatangkan untung.

"Seluruh dananya berasal dari APBN dan tidak ada keterlibatan pihak swasta sama sekali, karena nggak mungkin untuk Kalimantan dan Sumatera itu pakai swasta, soalnya tidak menguntungkan. Jadi sudah kewajiban pemerintah untuk membangun itu," pungkasnya. (chi/jpnn)

 


JAKARTA - Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Hermanto Dwiatmoko menyebut pihaknya membutuhkan dana sekitar Rp 234 triliun untuk membangun


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News