PDIP Sumbar Rampungkan Pemilihan 19 Ketua DPC

PDIP Sumbar Rampungkan Pemilihan 19 Ketua DPC
Ilustrasi

jpnn.com - JAKARTA - Ketua DPD PDI Perjuangan Sumatera Barat (Sumbar), Alex Indra Lukman mengonfirmasi telah menyelenggarakan pemilihan 19 ketua dewan pimpinan cabang (DPC) PDI Perjungan secara mufakat melalui konferensi cabang (konfercab) bersama yang digelar di Inna Muara Hotel Kota Padang, Sabtu (7/3).

Alex mengatakan konfercab berjalan sesuai dengan filosofi masyarakat Minangkabau, yakni musyawarah-mufakat.

"Tidak semua proses pemilihan pimpinan partai politik harus melalui voting. PDI Perjuangan Sumbar membuktikan, memilih 19 ketua DPC PDI Perjuangan ternyata bisa dilaksanakan dengan asas musyawarah sesuai dengan kearifan lokal yang dimiliki oleh masyarakat Minangkabau," kata Alex, saat dihubungi JPNN.Com, Senin (9/3).

Dia menjelaskan, konfercab dihadiri lebih dari 1.000 kader, 700 orang di antaranya adalah pemilik suara. Sementara, calon ketua cabang yang diusulkan dari 19 kabupaten/kota di Sumbar itu, sebanyak 95 orang. Figur calon ketua ini lanjutnya, dihasilkan melalui musyawarah anak cabang yang merekomendasikan sejumlah nama yang akan dipilih jadi ketua cabang (tingkat kabupaten/kota).

Selain itu, juga dilakukan uji kompetensi terhadap ideologi, tentang kepartaian serta penyampaian visi-misi saat jadi ketua nanti. Kemudian, mengikuti psikotes, guna mengidentifikasi jiwa kepemimpinan terhadap figur calon ketua itu.

“Nama-nama yang telah mengikuti serangkaian ujian secara terpusat di Padang ini lah, kemudian dikerucutkan jadi tiga nama, yang kemudian dipilih secara musyawarah mufakat. Tiga nama itu dipastikan akan jadi pengurus, namun tidak mesti jadi ketua, sekretaris, bendahara,” imbuh wakil rakyat dapil Sumbar I yang duduk di Komisi IX DPR ini. (fas/jpnn)


JAKARTA - Ketua DPD PDI Perjuangan Sumatera Barat (Sumbar), Alex Indra Lukman mengonfirmasi telah menyelenggarakan pemilihan 19 ketua dewan pimpinan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News